Rumah Milik Nicolas Berggruen di Los Angeles, Amerika Serikat (Rumah123/Business Insider)

Banyak orang superkaya yang memang nyeleneh dan antik. Salah satunya adalah Nicolas Berggruen. Dia adalah investor dan filantropis alias orang yang suka berderma.

Berggruen yang berusia 51 tahun ini memiliki Berggruen Holdings dan juga Alpha Investment Management. Pada 2004, dia menjual Alpha kepada raksasa perbankan asal Brasil, Bank Safra.

Baca juga: Cuci Gudang, Aktor Johnny Depp Jual 4 dari 5 Apartemen Mewahnya!

Dia memiliki kekayaan mencapai US 2 miliar dollar (Rp26 triliun)! Saat para orang superkaya berlomba-lomba pamer kekayaan dengan membeli rumah mewah, villa mewah, mobil sport, pesawat jet pribadi, kapal pesiar, dan lainnya, Berggruen malah sebaliknya.

Dia malah sempat tidak punya rumah. Wah, nggak percaya kan? Kalau ada orang dengan kekayaan Rp26 triliun, malah homeless alias mirip gelandangan karena nggak punya rumah. Berggruen lebih sering tinggal dari satu hotel ke hotel lainnya.

Baca juga: Hidup Ala Keluarga Kerajaan, Kamu Mau Juga Kan?

Berggruen malah menyumbangkan US 500 juta dollar (Rp6,5  triliun) untuk mengembangkan Berggruen Institute, sebuah lembaga independen dan nirlaba yang mempelajari dan mengembangkan ilmu sosial, ekonomi, dan politik.

Berggruen Institute malah berencana membangun kampus dan pusat studi di California, Amerika Serikat dalam waktu. Biro arsitek asal Swiss, Herzog & de Meuron merancang bangunan tersebut.

Baca juga: Beli Rumah Rp2,2 Triliun, Bonus Taman 42 Hektar dan Pantai? Wow Banget!

Setelah wira wiri dari satu hotel ke hotel lainnya, Berggruen akhirnya terpikir juga untuk membeli rumah. Dia membeli rumah mewah senilai US 40 juta dollar (Rp525 miliar) di Los Angeles, Amerika Serikat pada April 2017.

Dia membeli rumah ini dari mantan chairman perusahaan penerbangan Northwest Airlines. Rumah sempat ditawarkan dengan harga US 45 juta dollar (Rp591 miliar).

Baca juga: Wah, Villa Mewah Donald Trump Turun Harga 40 Persen! Ayo, Beli Dong

Rumah ini memiliki 11 kamar tidur. Rumah ini mempunyai luas keseluruhan mencapai 6.096 meter persegi serta halaman seluas hampir 1 hektare.

Arsitek asal Inggris, Gordon Kaufmann merancang desain rumah ini. Kemudian desainer interior, Billy Haines merenovasi rumah ini.

Baca juga: Investasi Properti Memang Ga Pernah Rugi, Masih Belum Ikutan Nih?

Sebelumnya, rumah mewah berdesain Georgia ini menjadi kediaman sosialita Edith Mayer Goetz dan suaminya William Goetz. Edith merupakan putri dari founder raksasa film Metro-Goldwyn-Mayer, Louis B. Mayer.

Setelah membeli rumah di Los Angeles, Berggruen juga telah membeli rumah di New York. Dua rumah yang jaraknya berjauhan, satu di Pantai Barat dan satu lagi di Pantai Timur.

Baca juga: Bosan Bekerja, Mau Pensiun Dini? Sudah Investasi Properti Belum?

Wah, nyentrik juga ya kalau tajir kayak begini malah nggak punya rumah sama sekali. Kalau kamu mau ikuti jejak Berggruen mendingan kaya dulu, baru beli properti.

Tetapi, kalau nggak bisa, mendingan kamu investasi properti dulu aja. Baru deh kalau mau hidup nomaden kayak Berggruen.

Bagikan: 1271 kali