Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Belanja iklan media online pada 2017 ini memang masih di bawah media cetak. Namun, para e-marketer memproyeksikan belanja iklan media online pada 2018 akan lebih tinggi dari media cetak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung, usai menandatangani kesepakatan dengan agen properti ERA Indonesia, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Permudah Kerja Agen Properti Lewat Kehadiran Aplikasi KPR Online

Kedua institusi tersebut menjalin kerja sama dalam banyak hal, termasuk dalam memberikan pelatihan kepada agen properti mengenai digital marketing.

“Semua ini pindah ke online kan karena audience-nya besar. Nggak mungkin kan kalau audience kecil, belanjanya naik. Kami juga melihat ERA menangkap momentum ini, yuk sama-sama,” ujar Untung kepada Rumah123.

Baca juga: Ingin Bidik Generasi Milenial, Agen Properti Harus Paham Digital Marketing

Menurut Untung, kalaupun pemasukan iklan media online kalah daripada media cetak, namun media online memiliki audience yang lebih besar.

“Media cetak mana yang punya readership sampai jutaan? Nggak ada. Harian paling gede aja itu paling 1,1 juta aja, oplahnya. Nah, kalau online yang vertikal aja yang properti aja udah 2 jutaan,” kata Untung.

Baca juga: Ajukan KPR Semudah Memesan Transportasi Online, Mau Ikutan?

“Kalo print kan multi-product. Jadinya kalau diadu yang horisontal, udah puluhan juta. Kalau dari sisi audience, kami online udah lebih besar,” kata Untung lagi.

Dia melihat bahwa peluang dalam media online besar karena faktor jumlah audience. Apalagi belum banyak produk yang beriklan. Selain itu, peluang media online untuk terus berkembang secara pesat masih terbuka lebar.

Baca juga: Nilai Tukar Mata Uang Melemah, Saatnya Beli Properti

Untuk itu, Untung menyatakan bahwa sudah seharusnya agen properti memanfaatkan media online untuk memasarkan dan menjual properti.

“Ya, harus ngerti digital marketing. Tetapi, digital marketing kan ada tahap-tahapnya. Kalau complicated harus bisa running iklan sendiri, technical ya kayak iklan di Google, ya nggak juga. Paling nggak tahu online itu cara kerjaya gimana sih, kalau di property portal itu gampang banget-lah,” katanya lagi.

Bagikan: 1126 kali