Murmansk di Rusia Menjadi Kota dengan Durasi Puasa Ramadan Terlama di Dunia Pada 2019 Ini. Kalau Menjalani Puasa di Kota Ini, Maka Lama Puasanya Mencapai 20 Jam 45 Menit. Bandingkan dengan Waktu Puasa di Indonesia yang Hanya 13 Jam (Foto: Rumah123/Getty Images)

Indonesia memiliki waktu lama berpuasa sekitar 13 jam lebih. Bagaimana jadinya kalau kamu harus berpuasa selama 20 jam 45 menit? Puasa Ramadan terlama di dunia pada 2019 ini terjadi di Murmansk, Rusia.

Durasi berpuasa di setiap kawasan memang berbeda. Hal ini terjadi karena letak wilayah itu. Jika semakin jauh dari khatulistiwa, ada dua kemungkinan.

Waktu berpuasanya semakin lama atau durasi waktunya semakin singkat.  Semua ini bisa dilihat dari dua tempat dengan durasi bertolak belakang.

Baca juga: Jangan Tinggal di Gedung Pencakar Langit, Buka Puasa Malah Lebih Lama Lho

Ushaia, Argentina menjadi kota dengan durasi berpuasa Ramadan paling singkat pada 2019 ini. Durasi berpuasanya hanya 11 jam. Ushaia berlokasi dekat Kutub Selatan.

Sementara Murmansk yang berada dekat Kutub Utara menjadi kota dengan durasi puasa Ramadan paling lama pada 2019 ini. Waktunya mencapai 20 jam 45 menit!

Murmansk berjarak sekitar 1.935 kilometer dari ibu kota Rusia, Moscow. Kota ini lebih dekat dengan perbatasan Norwegia dan Finlandia.

Baca juga: Puasa 22 Jam? Alhamdulillah, Kamu Ga Tinggal di Sini

Kota ini hanya memiliki luas 154 kilometer persegi, ya nggak beda jauh dengan Bogor. Penduduk Murmansk hanya 295 ribu jiwa.

Durasi lama berpuasa di Murmansk ini masih kalah dengan tahun-tahun sebelumnya. Waduh, 20 jam 45 menit masih belum lama?

Aljazeera melansir bahwa Nuuk, Greenland menjadi kawasan dengan durasi terlama puasa di dunia pada 2017 lalu. Lama berpuasa mencapai 21 jam 59 menit. Bayangkan berpuasa hampir 22 jam!

Baca juga: Satu Gedung dengan Tiga Waktu Berbuka Puasa yang Berbeda

Matahari terbit di Nuuk pada pukul 02.16 dini hari, sementara matahari terbenam pada 23.14 malam. Wah, malam hari hanya dua jam.

Sementara pada 2017, durasi puasa terlama masih terjadi di Greenland. Situs India, Siasat.com melansir bahwa waktu berpuasa di Greenland mencapai 21 jam 2 menit.

Kira-kira kamu sanggup nggak untuk puasa selama  20 jam 45 menit seperti di Murmansk? Hmm, puasa 13 jam saja sudah banyak mengeluh, bagaimana hampir 21 jam!

Baca juga: Ushuaia Jadi Kota dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia, Hanya 11 Jam

Bagikan: 2449 kali