Ilustrasi Orang Belanjan Online (Rumah123/iStockphoto)

Puasa Ramadan memiliki banyak manfaat bagi umat Islam yang menjalankannya. Bagi kamu yang berpuasa, kamu bisa memahami bagaimana menahan lapar dan haus.

Kamu juga harus menahan hawa nafsu, amarah, dan lainnya. Tidak ketinggalan, kamu harus memperbanyak ibadah.

Baca juga: Ternyata Bukan Cuma Generasi Milenial yang Kesulitan Punya DP Rumah, Pasti Ga Percaya!

Tetapi, yakin nih kamu bisa menahan hawa nafsu yang lain, nafsu belanja. Apalagi biasanya ada Ramadan Sale yang diberikan department store, butik, dan lainnya?

Seperti dikutip dari Tirto, pada 2017, situs pencari Google merilis merilis data perilaku konsumen sepanjang 2016. Hasilnya ya cukup mengagetkan.

Baca juga: DP Ga Terjangkau, Tinggal di Rumah Warisan Jadi Pilihan

Google menyatakan penelusuran pada mesin pencari meningkat 28% dibandingkan pada 2015. Penelusuran terkait pakaian naik 2,8 kali lipat, pencarian alat-alat rumah tangga naik 2 kali lipat.

Situs ini juga membuat riset lain pada 2017 yaitu From Fast to Feast: Indonesian Consumer Behavior During Ramadhan. Hasil riset menyuguhkan gambar bahwa traffic situs e-commerce antara pukul 03.00 hingga 06.00 pagi ternyata lebih tinggi 152% lebih tinggi selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Berapapun Gaji Lo, Bayar DP Ternyata Masih Berat Banget Euy

Riset terbaru lainya dari Google adalah Celebrating Ramadan in Malaysia and Indonesia: A Day in the Life of a Muslim yang mengungkapkan perubahan aktivitas konsumen selama bulan puasa.

Penelusuran belanja secara daring (online) meningkat sampai 20% pada saat waktu istirahat siang hingga pukul 15.00. Sedangkan pencarian terkait resep makanan, baju lebaran, dan belanja online menjadi tiga kata kunci terkait resep makanan, baju lebaran, dan belanja online menjadi tiga kata kunci teratas yang dicari ketika waktu sahur.

Baca juga: Siapa Bilang Generasi Milenial Susah Punya DP Rumah?

Saat waktu sahur, kamu malah belanja online. Ketika waktu istirahat kerja, kamu juga belanja online. Nah, godaan belanja memang ternyata besar.

Apalagi kalau tunjangan hari raya (THR) sudah didapatkan, wah kamu bisa gila belanja. Padahal bagi kamu yang ingin mengumpulkan uang muka atau down payment (DP) untuk membeli rumah, ini saatnya menyisihkan THR untuk DP. Bukannya malah kalap untuk belanja ya.

Bagikan: 754 kali