Foto: Rumah123/Getty
   

Suka dandan dan modis? Ya ga ada salahnya dong! Tapi, kalau kesukaan itu bikin kamu belanja kosmetik dan baju non-stop, ya jadi salah juga. Tren make up dan mode baju akan selalu ada yang baru, lagi, lagi, dan lagi! Tampil cantik dan menarik memang udah naluri manusia, ini ga salah. Tapi, demi banyak lagi duit yang bisa kamu tabung, maka kebiasaan belanja kosmetik dan baju mesti kamu cut!

Hal tersebut yang dilakukan Ann Patchett dengan eksperimennya stop belanja selama satu tahun. Apa hasilnya? Dalam The New York Times, Ann menuliskan pengalamannya itu dan mendapatkan beberapa 'pelajaran' berharga.

Ann yang kayaknya shopaholic ini berhenti belanja pada 2016. Pada saat dia puasa belanja itu, dia terus kepikiran ingin belanja dan belanja. Dia terus aja melototin katalog produk-produk fashion di dua situs belanja. Untuk menghentikannya, Ann berpikir apa sebenarnya yang dia butuhkan? Lantas, dia menyadari sebenarnya ga banyak juga sih yang dia butuhkan.

Baca juga: Kalau Pengin Kebeli Rumah, Jangan Kejebak Belanja Murah!

Kesadaran itu bikin dia berjanji pada dirinya sendiri ga belanja selama satu tahun. Dia stop membeli baju dan sepatu. Tapi, ga berarti dia ga beli apa-apa lho! Dia tetap belanja yang dia butuhkan untuk sehari-hari semisal sabun, sampo, dan odol. Tapi, syaratnya hanya kalau benar-benar sudah kehabisan. Mau tau ‘kejaiban’ apa yang terjadi kemudian?

Menghemat Uang

Setelah beberapa bulan, Ann bisa merasakan eksperimen stop belanjanya. Semisal saat dia kehabisan lip balm dan ga membelinya, ia berburu barang itu di rumah. Ternyata dia bisa menemukan lima lip balm. Kejadian ini berulang untuk produk lainnya yang dia butuhkan, maka dia bisa berhemat dengan langkah ini.

Efisiensi Waktu

Selain bisa mengirit duit, dia juga bisa menghemat waktunya. Kalau sebelumnya dia banyak menggunakan waktunya untuk browsing-browsing baju, tas, dan sepatu di online shop, kini waktunya bisa dia gunakan untuk hal-hal yang lebih berguna.

Baca juga: 7 Cara Ngirit Abis Agar Duit Ngumpul Buat Beli Rumah!

Sadar Kebutuhan

Stop belanja mengajarkan Ann untuk menyadari ternyata ia sudah punya banyak barang. “Kalau kamu berhenti memikirkan apa yang kamu mau, jadi lebih gampang untuk melihat apa yang orang lain ga punya,” kata dia. Buntut dari eksperimen stop belanja selama setahun ini, bikin pikiran Ann jadi lebih terbuka soal uang dan pemanfaatannya.

Kalau kamu doyan belanja dan susah bener buat menghentikannya, bisa coba eksperimen Ann. Kalau kamu jujur pada kebutuhan, maka banyak uang yang bisa kamu tahan.

Bagikan: 1257 kali