Urban Nomad (Rumah123/Dezeen)

Furnitur ini sebenarnya adalah sofa yang bisa dipisahkan menjadi empat bagian. Fungsinya bisa bermacam-macam.

Perabotan ini bisa disusun menjadi satu sofa berukuran tinggi, dua bantalan duduk, atau sebuah ranjang ukuran single.

Baca juga: Hmm, Ini Dia Tren Furnitur dan Interior Terbaru dari Informa

Sofa fleksibel dan multi fungsi ini diberi nama Urban Nomad. Desainer yang merancang adalah Aniko Racz untuk merek furnitur Hannabi.

Hannabi adalah perusahaan pemegang merek furnitur Hannabi yang didirikan oleh Racz pada 2010. Perusahaan ini berkantor pusat di Hungaria, sebuah negara Eropa Timur.

Baca juga: Cuci Gudang Furnitur Rumah? Coba Garage Sale Saja!

Urban Nomad ini sendiri merupakan bagian dari sistem furnitur Box Hyperacitve. Sofa ini terdiri dari dua bantalan besar berbentuk persegi dan berukuran panjang. Ada juga dua bantalan berbentuk segitiga yang bisa digunakan sebagai sandaran.

Sofa ini tidak memiliki penyangga atau kaki, maka pemakai bisa memisahkannya menjadi tempat duduk yang bersebelahan atau menyatukannya menjadi satu menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Ayo, Bikin Furnitur Multifungsi untuk Anak

Kalau ingin menyatukan dua bantalan ini, pemakai hanya perlu bagian karet. Bagian ini menjadi penyatu kedua bantalan sofa ini. Kalau sudah direkatkan maka posisinya tetap stabil, namun juga mudah dilepaskan.

Dalam sofa ini, ada bagian kayu yang keras dan juga lapisan kain yang didesain untuk pemaikaian yang reguler.

Baca juga: Perpaduan Dinding Bercat Putih dengan Furnitur Warna Warni, Berani Coba?

Racz mendesain Urban Nomad ini untuk orang yang tinggal di perkotaan dan sering berpindah atau mereka yang menempati rumah yang kecil.

Perihal furnitur yang digunakan oleh mahasiswa atau mereka yang berpindah, menempati rumah atau apartemen kecil memang menjadi target market sejumlah produsen atau desainer produk.

Baca juga: Furnitur Ini Didesain untuk Para Petualang dan Anak Kost Lho

Alumni sekolah desain di Inggris, Sam Wrigley sempat merilis koleksi perabotan yang lebih mudah dibongkar pasang ketimbang keluaran produsen furnitur Swedia, IKEA.

Dua bersaudara asal Inggris, Bouroullec brothers alias Erwan dan Ronan Bouroullec sempat memperkenalkan sofa bongkar pasang selama acara desain di Milan, Italia pada awal 2016.

Baca juga: Desainer Furnitur Gencar Membidik Target Pasar Generasi Penyewa

Lantas masih ada studio desain asal Denmark, Kilo Design yang membuat proyek eksperiman membuat sofa berukuran panjang dan bisa diatur ulang tergantung kebutuhan.

Bagikan: 1075 kali