rumah tua Seorang makelar asal California bernama Tim Brown membuat heboh warganet.  Pasalnya, ia memilih untuk memindahkan rumah tua miliknya ke lokaksi lain alih-alih membeli yang baru.  Rumah tua yang dibeli oleh Tim diketahui bergaya Victorian dan telah berusia lebih dari 139 tahun.  Proses pemindahan rumah ini ke lokasi baru yang berjarak kurang lebih 965 meter inipun menjadi sorotan. 

Dibeli Seharga Rp37 Miliar

Tim diketahui membeli rumah tua tersebut dengan harga $2,6 juta atau senilai dengan Rp 37 Miliar pada tahun 2013.  Rumah tersebut memiliki ukuran 480 Meter persegi dan terdiri dari dua lantai.  Dengan bergaya Victorian, rumah tua diketahui telah dibangun sejak tahun 1882.  Lokasi rumah tua ini juga berada di kawasan yang cukup strategis dan bernilai jual mahal.  Untuk itu, ia berpikir untuk membangun apartemen modern yang berisi 48 unit di lokasi tersebut. 

Desain yang Unik dan Bersejarah

Desain rumahnya yang cukup unik dan bersejarah membuat Tim merasa sayang jika harus menghancurkannya atau memodifikasinya terlalu banyak.  Sebagai solusi, akhirnya Tim terpikirkan untuk memindahkan rumah tersebut ke lokasi baru. Lokasi rumah yang awalnya berada di 807 Franklin St. kemudian dipindahkan ke 635 Fulton St. Ia pun cukup dipusingkan dengan mengurus kurang lebih 15 perijinan agar rumah ini bisa dipindahkan sesuai lokasi yang diinginkannya.  Tak hanya mengurus perijinan gangguan lalu lintas, ia juga harus mengurus lahan parkir, serta lain sebagainya yang nantinya akan dilewati.

Proses Pemindahan Memakan Dana Rp5,7 Miliar

Pemindahan rumah berusia 139 tahun ini diketahui dimulai sejak pukul 6.15 pagi waktu setempat (21/2).  Sejumlah alat berat pun dikerahkan dan membuat macet kawasan tersebut selama proses pemindahan rumah.  Dengan segala perizinan dan alat yang digunakan, biaya yang dikeluarkan Tim untuk pemindahan ini pun mencapai $400,000 atau sekitar Rp 5,7 Miliar. 

Mengundang Perhatian Warga

Tak hanya membuat jalanan macet, pemandangan tak biasa ini pun mengundang perhatian warga setempat.  Banyak orang yang mengunggah momen pemindahan rumah ini di akun media sosialnya masing-masing dan membuatnya menjadi viral. Rumah tua ini diangkut dengan kendaraan berat ke alamat barunya dari pagi hari dan selesai saat menjelang malam.  Bahkan, roda kendaraan pengangkut rumah ini pun terlihat kempes usai rumah tersebut berhasil dipindahkan. Rencananya, hunian bergaya Victorian ini akan diubah sebagai rumah mewah dengan tujuh unit terpisah.  Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk dapatkan artikel menarik lainnya seputar properti.  Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti Emerald Bintaro hanya di www.rumah123.com.  
Bagikan:
2949 kali