Presiden Joko Widodo Berharap Pembangunan MRT Selesai Pada Maret 2019 (Foto: Rumah123/Tirto)

Mass Rapid Transit akan beroperasi pada Maret 2019. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo usai melakukan uji coba.

Presiden melakukan uji coba MRT dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat ke Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Selasa (6/11/2018).

Dalam uji coba tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dan Direktur Utama MRT Jakarta William P. Sabandar.

Baca juga: 12 Gerbong Kereta MRT Tiba di Lebak Bulus, Ga Sabar Pengen Naikin Nih!

“Proyek ini telah selesai 97 persen, kurang hanya 3 persen. Kami harapkan nantinya pada Maret 2019 sudah mulai beroperasi,” ujar Jokowi seperti dikutip oleh Kompas.com.

Presiden mengaku cukup puas setelah menempuh perjalanan sepanjang 16 kilometer naik kereta MRT. Jokowi juga menyatakan kalau MRT tidak mengeluarkan suara bising saat dipacu dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

MRT yang sedang dikerjakan ini merupakan fase pertama, jalur North-South (Utara-Selatan). Fase pertama ini memiliki 13 stasiun. Ada enam stasiun di bawah tanah yaitu Bundaran Hotel Indonesia, Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, dan Senayan.

Baca juga:  Tes Integrasi Persinyalan Sebelum MRT Jakarta Beroperasi

Sementara tujuh stasiun lainnya berada di atas ketinggian yaitu Sisingamangaraja, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, dan Lebak Bulus.

The Jakarta Post pernah melansir kalau MRT jalur ini, dari Lebak Bulus ke Bundaran HI bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. MRT diharapkan bisa mengangkut 212.000 penumpang setiap harinya.

Presiden juga berharap kalau MRT nantinya bisa mengurangi kemacetan dan juga penggunaan kendaraan pribadi. Apalagi nantinya MRT akan terintegrasi dengan TransJakarta, kereta bandara, angkutan kota, dan juga LRT (Light Rapid Transit).

Baca juga:  Melongok Stasiun MRT Dukuh-Atas di Kedalaman 24 Meter

Nah, buat kamu yang sedang cari hunian, buruan cari rumah atau apartemen yang dekat dengan jalur MRT. Ngapain lagi punya mobil, mendingan juga naik transportasi umum. Tentunya biar hemat dan duitnya buat cicilan rumah.

Bagikan: 649 kali