Presiden Joko Widodo Akan Meresmikan Tol Pejagan-Pemalang Dalam Waktu Dekat (Foto: Rumah123/Kompas.com)

Presiden Joko Widodo direncanakan akan segera meresmikan jalan tol Pejagan-Pemalang dalam pekan ini. Rencana ini sempat tertunda karena kesibukan Presiden.

Sebelumnya, jalan tol ini rencananya diresmikan pada 19 Oktober lalu. Tol yang diresmikan merupakan seksi 3 dan 4. Seksi 1 dan 2 yang menghubungkan Pejagan sampai Brebes Timur sepanjang 20,2 kilometer sudah beroperasi sejak Juni 2016.

Jalan tol Pejagan-Pemalang ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 57,5 kilometer. Biaya investasinya mencapai Rp7,26 triliun. Pembangunannya dilakukan oleh PT Pejagan-Pemalang Toll Road, anak usaha dari PT Waskita Toll Road.

Baca juga: Tol Desari Bakal Diperpanjang Hingga Bogor, Asyik Juga Tinggal di Kota Penyangga

Rencana ini tidak terlaksana karena Presiden harus terbang ke Lombok. Presiden harus memimpin rapat percepatan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa.

“Mudah-mudahan minggu ini Pejagan-Pemalang (diresmikan),” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dilansir oleh Kompas.com.

Sebenarnya, ada tiga ruas tol lainnya yang rencananya bakal diresmikan pada Oktober 2018 lain. Jalan tersebut adalah tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-SS Pemalang sepanjang 5,4 kilometer.

Baca juga:  Bakal Ada Jalan Tol, Jarak Tempuh Palembang-Bengkulu Terpangkas 147 Km

Lantas ada juga tol Solo-Ngawi segmen SS Sragen-Ngawi sepanjang 50,9 kilometer serta tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepajang 15,4 kilometer.

Basuki menyatakan semua rencana peresmian harus bergeser karena jadwal padat Presiden. Dia juga mengungkapkan kalau masyarakat sudah menanyakan kapan semua tol tersebut diresmikan.

Sebenarnya, seksi 3 dan 4 ini sudah dibuka secara fungsional atau sementara pada Lebaran 2018. Namun demikian, masyarakat pengguna tol bisa merasakan kenyamanan jalan ini.

Baca juga: Asyikkk… Jalan Tol Trans-Jawa Rampung Akhir Tahun Ini!

Bagikan: 552 kali