Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Akan Meresmikan MRT Fase 1 Rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia Pada Ahad (24/03/2019) Mendatang (Foto: Rumah123/Wikipedia)

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) Jakarta fase 1 rute Bundaran Hotel Indonesia-Lebak Bulus pada Ahad (23/03/2019). Akhirnya, saat yang ditunggu datang juga ya gaes.

Pada Selasa (19/03/2019) ini, presiden beserta sejumlah menteri kabinet mengikuti uji coba MRT. Selain itu, hadir juga Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani, dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

MRT sedang melakukan uji coba penuh pada 12-23 Maret 2019. Masyarakat bisa ikut dalam uji coba gratis ini dengan mendaftar melalui situs resmi MRT.

Baca juga: MRT Berikan Peluang UMKM Berbisnis di Stasiun, Wah Keren Banget Nih

“Kalau tidak ada halangan, hari Minggu, tanggal 24 Maret besok, akan diresmikan oleh beliau ( Jokowi), bertempat tersentral di Stasiun Bundaran HI,” ujar Direktur Keuangan PT MRT Jakarta, Tuhiyat seperti dilansir oleh Kompas.com.

Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) DKI masih membahas besar tarif dan subsidi MRT Jakarta.

Pemprov DKI memberikan usulan tarif Rp10.000 per penumpang. Pemprov DKI akan mengeluarkan subsidi Rp572 miliar untuk MRT dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) DKI 2019.

Baca juga: Usulan Tarif untuk MRT Rp10.000, Tarif untuk LRT Rp6.000, Ayo Naik Transportasi Massal

MRT Jakarta memiliki panjang rute 15,7 kilometer dari depo Lebak Bulus menuju Bundaran Hotel Indonesia. MRT fase 1 ini mempunyai 13 stasiun.

Setelah sekian lama akhirnya MRT akan diresmikan oleh presiden. Asyik nih, Jakarta memiliki transportasi massal baru. Sebelumnya, sudah ada KRL (kereta rel listrik) commuter line dan Transjakarta. LRT (Light Rapid Transit) juga akan beroperasi dalam waktu dekat lho.

Kalau MRT sudah beroperasi, taruh saja mobil dan motor kamu di rumah. Mulai biasakan untuk naik transportasi massal. Mulai hemat dong dalam pengeluaran transportasi, kalau dana lebih kamu harus berinvestasi properti.

Baca juga: MRT dan LRT Bakal Disubsidi, Kamu Bisa Menang Banyak Nih Hemat Ongkos ke Kantor

Bagikan: 599 kali