OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

PPKM Tiada Akhir, Ini Alasan Gedung Perkantoran di Jakarta Diobral Murah!

19 Juli 2022 · 2 min read Author: Devi Suzanti

gedung perkantoran

PPKM belum berakhir sehingga membuat dampak yang begitu besar pada dunia properti. Gedung perkantoran sepi, hingga diobral dengan harga murah.

Meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM sudah diturunkan menjadi level 3, namun hal tersebut belum membuat gedung perkantoran terisi oleh penyewa.

Hampir seluruh gedung perkantoran di Jakarta masih kosong dan belum memulai aktivitas seperti biasa.

Cuma sektor tertentu yang diperbolehkan masuk kantor, sisanya tetap work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Hal ini tentu saja membuat gedung-gedung tersebut tak berpenghuni, kosong tanpa penyewa.

Bahkan tidak sedikit pengusaha yang menghentikan penyewaan gedung kantor tersebut.

Pasalnya, PPKM masih berlanjut dan masih belum diketahui kapan akan berakhirnya, meskipun kasus Covid-19 di Jakarta sudah menurun.

Gedung Perkantoran Diobral Murah

Tidak hanya penyewa gedung yang mengalami kesulitan, dalam membayar sewa kantor mereka, tetapi para pemilik gedung pun terkena imbasnya.

Banyaknya pengusaha yang berhenti menyewa membuat pemilik gedung mengalami kesulitan keuangan, hingga akhirnya harus disita oleh bank sebagai kreditur.

Seperti dilansir dari laman berita CNBCIndonesia.com, Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto menjelaskan keadaan tersebut.

Ferry mengatakan bahwa permintaan terhadap unit perkantoran saat ini sedang tidak baik. Aktivitas kantor yang rendah menjadi pemicunya.

“Aktivitas kantor lagi rendah sehingga yang punya unit atau individu yang beli dari developer mau disewakan lagi”, ujarnya.

Hal ini tentu saja menimbulkan persaingan dengan developer yang ruangan kantornya masih banyak yang belum disewakan.

Jadi, biasanya developer yang membangun gedung perkantoran umumnya langsung menyewakan kepada tenant.

Namun, kondisi seperti ini, membuat sebagian ada yang dijual kepada individu untuk diputar kembali. Sayangnya, perputaran uang saat ini sedang tidak berjalan mulus.

Hal inilah yang membuat gedung perkantoran diobral dengan harga murah. Ferry menambahkan, kondisi tersebut diperkirakan masih akan berjalan beberapa bulan ke depan.

Rumah123.com juga pernah memberitakan hal serupa yang terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sejumlah kios diobral dengan harga sewa atau harga jual murah.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti LRT City Tebet.


Tag: ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA