masjid al warqa'a

Desain Masjid Al Warqa'a memang terlihat biasa, namun siapa menyangka kalau rancangan bangunan ini terinspirasi dari rumah Nabi Muhamamad SAW.

Masjid Al Warqa’a ini memang terkesan sederhana dengan eksterior berwarna coklat dengan menggunakan material sandstone atau batuan alam dari padang pasir.

Bentuknya juga minimalis dengan kubah dan menara.Sementara bagian dalamnya juga tidak terlalu wah.

Arsitek yang mendesain menempatkan material marmer pada lantai dan dinding. Untuk akses masuk, arsitek memasang pintu kaca.

“Masjid Al Warqa’a mengikuti kesederhanaan ruang rumah Nabi Muhammad SAW pada abad ketujuh di Madinah, yang dianggap sebagai masjid pertama dalam sejarah,” ujar Ibda Design seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur, Dezeen.

Ibda Design merupakan biro arsitek yang mendesain Masjid Al Warqa’a yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab.

Biro arsitek ini memiliki kantor di sejumlah negara seperti Dubai, Beirut (Lebanon), dan Tokyo (Jepang).

Firma arsitek tidak merancang masjid ini memiliki banyak ornamen. Ibda Design mendesain interior Masjid Al Warqa’a seminimalis mungkin.

desain masjid al warqa'a Sumber: Dezeen.com

Lantai Marmer di Masjid Al Warqa'a

Dinding interior masjid Al Warqa'a berwarna putih atau dengan material marmer dan akses pintu kaca menjadi wujud nyata desain minimalis.

Kalau pun ada aksen pada dinding berupa mosaik atau pun pohon yang ditanam dalam ruangan.

Selain itu, ada aksen lainnya pada ruang selasar yang menghubungkan beberapa ruangan dalam masjid.

Ibda Design juga merancang sejumlah bukaan seperti skylight pada bagian atas masjid sebagai akses masuk cahaya sekaligus penanda perubahan waktu salat.

interior masjid al warqa'a Sumber: Dezeen.com

Interior Masjid Al Warqa'a Memberikan Petunjuk Perbedaan Waktu

Saat memasuki masjid Al Warqa'a ini, umat muslim yang ingin melakukan kewajiban salat lima waktu akan merasakan perbedaan dengan lingkungan di luar masjid.

“Menjelaskan akses masuk menuju ruang salat melalui lapangan memang didesain untuk menciptakan perpindahan ruang yang berkesinambungan bagi orang yang ingin salat," kata Ibda Design.

"Yang datang dari lingkungan jalan yang sibuk menuju ke tempat salat yang tenang melalui serangkaian akses yang menyenangkan dan menenangkan,” lanjutnya.

Hmm, asyik juga ya kalau bisa salat di masjid  Al Warqa'a ini? Kamu bisa khusyuk beribadah. Mau salat tarawih di sini? Atau berencana salat Idulfitri di masjid ini?

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuatKamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.

Bagikan:
3692 kali