Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Penting nggak sih punya rumah? Seharusnya sih penting karena properti itu masuk dalam tiga kebutuhan pokok yaitu pangan, sandang, dan papan. Nah, papan itu hunian, rumah, atau properti.

Nah, kalau penting, sudah semestinya kamu yang tergolong generasi milenial harus menyisihkan pendapatan kamu untuk membeli hunian. Tapi, hal ini memang nggak gampang apalagi kalau kamu tidak bisa membedakan kebutuhan kamu.

Baca juga: Siapa Bilang Milenial Ga Mau Beli Rumah?

Perencana keuangan atau financial planner, Kaukabus Syarqiah CFP memaparkan kalau kebutuhan itu ada tiga yaitu primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer sudah tentu harus dipenuhi seperti makan dan minum, sementara kebutuhan sekunder mungkin harus dipenuhi  sementara kebutuhan tersier sebenarnya tidak perlu dipenuhi.

Kaukabus juga mengingatkan agar generasi milenial untuk melihat pemasukan dan pengeluaran bulanan. Semua ini penting kalau mau beli rumah.

Baca juga: Milenial Punya Rumah Sendiri Ternyata Ada Manfaatnya Buat Orang Tua Lho

“Lihat kondisi keuangan per bulan. Pengeluaran apa aja sih, primer, sekunder, tersier. Nah, kalau tersier ini, kalau nggak kita keluarin, nggak mati deh,” ujar Kaukabus kepada Rumah123.

Kebutuhan tersier apa sih? Nah, yang termasuk kebutuhan ini adalah gaya hidup atau lifesytle. Seperti apa sih? Nongkrong di cafe, beli smartphone mahal, rutin makan di restoran, traveling, dan lainnya masuk dalam gaya hidup.

Baca juga: Ga Mau Aturan Campur Aduk, Milenial Mesti Beli Rumah Sendiri

Smartphone memang bisa mendukung pekerjaan dan aktivitas kamu. Tetapi, kamu belum perlu membeli smartphone berharga belasan juta kan, apalagi kalau harus mencicil selama setahun? Banyak smartphone dengan fitur yang sama dibandrol dengan harga lebih terjangkau.

Bagi kamu generasi milenial, nongkrong di café atau makan bersama teman memang perlu. Tetapi, juga nggak perlu tiap hari dong, apalagi kalau kamu mau membeli hunian.

Baca juga: Punya Rumah Sendiri, Milenial Bisa Bebas Berkarier Lho

Kurangi saja dari setiap hari menjadi akhir pekan saja. Selama weekend, Sabtu dan Minggu, kamu masih bisa nongkrong di café kan?

Bagaimana dengan traveling? Nggak masalah kalau kamu mau traveling setiap beberapa bulan sekali. Tetapi, lakukan traveling yang tidak menguras dompet dan tabungan kamu. Ingat lho, kamu harus membeli rumah.

Baca juga: Pesan Buat Milenial: Punya Rumah Dulu, Baru Nikah

Traveling ala backpacker dong. Kamu bisa memesan tiket murah jauh-jauh hari. Harganya seringkali murah banget lho. Kamu nggak perlu juga menginap di hotel mewah, pesan saja kamar di situs AirBnb.

Nah, setelah mengetahui perbedaan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Juga memahami kalau tersier alias gaya hidup tetap bisa terpenuhi. Sebenarnya, kamu masih bisa membeli hunian kan?

Bagikan: 626 kali