Kepolisian Daerah Metro Jakarta Melarang Sepeda Listrik Migo untuk Beroperasi di Jalan Raya (Foto: Rumah123/Tribunnews.com)

Siapa yang suka menyewa sepeda listrik Migo? Kepolisian Daerah Metro Jakarta melarang sepeda listrik Migo untuk beroperasi di jalan Jakarta.

Kompas.com melansir bahwa larangan tersebut diberlakukan karena sepeda listrik ini belum memenuhi uji layak operasi serta tidak memenuji teknis kendaraan bermotor di jalan umum. Sepeda listrik ini juga tidak menggunakan pelat nomor kendaraan.

Nah, buat kamu ketahui ya gaes, ternyata ada peraturannya nih. Menurut Pasal 49 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap kendaraan bermotor yang bakal dioperasikan di jalan wajib dilakukan pengujian.

Baca juga: Siapa Mau Mengendarai Sepeda Listrik Keren Ala Uber

Kementerian Perhubungan yang akan melakukan pengujian yang mencakup uji tipe dan uji berkala. Kalau sudah lolos uji, boleh deh wira wiri di jalan.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Muhammad Nasir menyatakan kalau polisi tidak segan untuk menertibkan para pengendara sepeda listrik yang tetap nekat di ruas jalan Jakarta.

Ingat ya gaes, bentuk penertiban ini, polisi tidak melakukan tilang. Tetapi, pak polisi akan melakukan tindakan hukum berupa menangkap pengendara dan juga menyita sepeda listrik. Selanjutnya, pengendara akan menjalani proses hukum. Waduh!

Baca juga: Sudah Punya Sepeda Listrik untuk Kaum Urban Belum

Hmm, polisi memang pantas bertindak tegas nih gaes. Kalau ada kendaraan belum melewati uji kelayakan, tetapi sudah bisa dibawa keluyuran kan menyalahi peraturan.

Kalau kamu perhatikan lingkungan sekitar, memang sudah banyak stasiun Migo di Jakarta. Katanya sih sudah ada 200 stasiun. Banyak dari pengendara Migo ini adalah bocah yan biasanya tidak sendiri, tetapi bisa bertiga. Hmm, no comment ya.

Tindakan preventif memang mesti dilakukan ya. Jangan sampai ada insiden yang merugikan orang banyak. By the way, kamu suka sewa sepeda listrik Migo nggak? Atau kamu malah juragan pemilik salah satu stasiun Migo?

Baca juga: Lagi Santai Kayaknya Enak Nih Naik Sepeda Listrik General Motors

Bagikan: 573 kali