piramida kuno

Sejumlah piramida kuno ditemukan di Indonesia. Bahkan, ada yang dikalim menjadi piramida tertua, lebih tua dari piramida Mesir kuno. Beneran nih?

Seperti yang semua orang tahu, Piramida Mesir adalah piramida kuno yang terkenal karena dibangun pada abad ke-27 atau sekitar 2630 SM.

Tapi ternyata, Indonesia juga punya piramida, lho. Indonesia memiliki tiga piramida kuno yang masih menjadi sebuah misteri.

Kabarnya, salah satu dari ketiga piramida kuno tersebut diklaim sebagai piramida tertua di dunia. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Piramida Kuno di Indonesia

1. Gunung Padang, Cianjur

Bukan Piramida Giza atau suku Maya, ilmuwan mengklaim bahwa piramida tertua ada di Indonesia, tepatnya di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat.

Piramida ini ditemukan oleh penjajah Belanda pada abad ke-20. Tepat di puncak Gunung Padang terdapat sisa-sisa batu kuno prasejarah peninggalan era megalitik.

Dalam riset, para peneliti Indonesia memaparkan bahwa Gunung Padang diklaim sebagai situs yang strukturnya mirip piramida tertua di dunia.

Setelah diteliti selama bertahun-tahun, Gunung Padang bukanlah bukit biasa, ada rangkaian struktur kuno berlapis dengan pondasi berusia sekitar 10.000 tahun atau bahkan lebih tua.

Gunung Padang memiliki tinggi sekitar 220 meter, dengan luas 29,1 hektar, ebih besar jika dibandingkan dengan Candi Borobudur di Jawa Tengah.

2. Pugung Raharjo, Lampung Timur

Piramida yang terletak di Lampung Timur ini merupakan situs purbakala Pugung Raharjo,  peninggalan zaman megalitikum yang berbentuk punden berundak empat sisi yang simetris.

Bisa dikatakan, piramida tersebut merupakan piramida nenek moyang asli Indonesia yangdigunakan sebagai sarana pemujaan Tuhan.

Selain itu, pada piramida tersebut ditemukan peninggalan purbakala lain, seperti arca, prasasti, dan altar batu.

3. Candi Sukuh, Karanganyar

Piramida lainnya terletak di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 910 meter di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Konon, candi ini didirikan pada abad ke-15 Masehi, saat masa pemerintahan Ratu Majapahit Suhita, pada tahun 1429.

Lalu, candi ini ditemukan oleh arkeolog di masa pemerintahan Gubernur Raffles tahun 1815. Candi Dukuh pun menjadi piramida asli Indonesia yang memiliki banyak mitos.

Salah satunya mitos tentang keperawanan. Dahulu, jika ada gadis yang melewati tangga menuju ke atas piramida, kemudian kainnya robek, maka gadis tersbut sudah tidak perawan.

Wah, menarik sekali ya, ternyata Indonesia juga memiliki piramida kuno yang bisa kamu kunjungi. Bagaimana kamu tertarik berkunjung?

Rumah123.com pernah menghadirkan artikel yang membahas Saranjana, kota gaib, modern, dan misterius di Kalimantan Selatan.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Jakarta Garden City.

Bagikan:
729 kali