LRT Instagram LRT Jabodebek

Transportasi massal di Bandung yang paling cocok apa ya? MRT, LRT, BRT, atau monorail? Kawasan cekungan Bandung memang membutuhkan transportasi publik.

Pembangunan infrastruktur di Indonesia terus dilakukan. Beberapa di antaranya pembangunan jalan, bandara, pelabuhan, dan lainnya.

Tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya, Cekungan Bandung (Greater Bandung) dianggap memiliki potensi yang besar untuk sebuah transportasi massal.

Hal ini pun diungkapkan oleh Government and Infrastructure Advisor PwC Indonesia, Julian Smith bahwa Cekungan Bandung, berpotensi sangat besar.

“Berdasarkan identifikasi yang dilakukan, pengambang transportasi massal di Bandung ini akan berdampak besar terutama terhadap pertumbuhan ekonomi,” kata Julian yang dilansir dari Kompas.com.

Selain dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi, Jullian pun berharap bahwa transportasi massal tersebut akan memudahkan mobilitas masyarakat.

4 Transportasi Massal di Bandung yang Paling Cocok

Kawasan Cekungan Bandung memiliki daerah yang sangat luas, yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang di Provinsi Jawa Barat.

Pada diskusi virtual dengan Julian,  setidaknya ada empat jenis transportasi massal di Bandung yang cocok dikembangkan untuk daerah tersebut.

Keempat transportasi tersebut, di antaranya Bus Rapid Transit (BRT), Monorail, Light Rail Transit (LRT), dan Mass Rapid Transit (MRT).

Menurut Julian, MRT merupakan transportasi yang dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dibanding dengan transportasi lain.

Tidak hanya itu, faktor keselamatan, kemacetan, hingga meningkatkan transportasi dan konektivitas perkotaan bisa meningkatkan kualitas lingkungan.

Tetapi, di samping banyaknya keuntungan dari MRT pasti ada kelemahannya juga seperti pembangunan yang lama dan biaya yang mahal jadi penghambat pembangunan MRT.

Bagai gayung bersambut, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat Koswara, yang mengatakan bahwa transportasi massal jadi pilihan terbaik di Cekungan Bandung.

Namun, hingga saat ini Pemprov Jawa Barat tengah mengusulkan rencana pengembangan proyek LRT Bandung Raya yang dibantu Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

World Bank bersama Global Infrastructure Programme dengan dokumen Early Business Case ikut membantu dan telah disusun dan akan disempurnakan menjadi outline Business Case.

Jadi, tunggu kelanjutan dari proyek tersebut ya, transportasi massal di Bandung ya. Siapa tahu sudah bisa naik LRT, BRT, MRT, atau Monorail.

Rumah123.com pernah membahas mengenai proyek infrastruktur lainnya, salah satunya adalah Tol Trans Jawa.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Angel Residence.

Bagikan:
291 kali