Foto: Rumah123/Getty
Yang namanya gaya hidup emang gak berujung. Ada orang yang rela habiskan duit ratusan juta untuk resepsi pernikahan. Kadang alasannya cuma pengen terlihat “wah” di media sosial, misalnya Instagram. 
Belakangan ini Instagram disinyalir memicu persaingan resepsi mewah a.k.a.  keren-kerenan. Dari yang level keren biasa, sampebikin geleng-geleng kepala. 
Ada situs yang menyebut biaya minimal bikin resepsi pernikahan di Jakarta tahun lalu sampe Rp116 juta. Bahkan, ada milenial yang menganggarkan biaya resepsi mereka Rp200-400 juta. Yang gak masuk akal, agar foto buket bunganya kelihatan bagus di Instagram, ada lho yang sampe berani keluar duit Rp934 juta. Wow!  
"Tren pernikahan di Instragam membuat batasan pernikahan yang ‘wah’ makin tinggi saja. Orang kini melihat foto pernikahan glamor dari teman, saudara atau influencer media sosial. Setelah itu, mereka ingin pesta pernikahan serupa atau malah jauh lebih wah dari itu," kata CEO Bridestory, marketplace online untuk keperluan pernikahan terbesar di Asia Tenggara, Kevin Mintarga, seperti dikutip Alice di Vice.com.
Panen “like” di postingan Instagram saat ini mirip narkoba. Semakin banyak jumlah like semakin nge-fly yang bikin status. Kamu juga gitu?
Bayangkan, biaya pernikahan memang sudah menggerus dompet mulai beberapa bulan menjelang pernikahan: bikin susunan panitia, venue, dekor, katering, suvenir, seragam, undangan, tamu. Ada foto-foto pre-wed juga yang seringnya ga gratis. 
Gaya hidup memang ga ada habisnya, tapi gimana dengan kocek kamu, ada batasnya ga? Daripada duit abis buat pesta ‘wah’ yang kamu cuma kebanjiran “like’ aja, mending duitnya buat beli rumah, minimal gak pusing bayar DP-nya!

Bagikan: 1159 kali