Ilustrasi Milenial (Rumah123/Realestate.com.au)

Kuliah, kerja, menikah, punya anak, punya rumah. Banyak orang yang baru memikirkan punya rumah setelah punya anak.

Biasanya sih saat baru mulai bekerja, generasi milenial masih tinggal bersama orang tua. Mereka belum memikirkan membeli hunian.

Baca juga: Enak Sih Tinggal di Pondok Mertua Indah, Tapi…

Setelah menikah, biasa orang baru berpikir untuk membeli rumah. Padahal, kalau menunda membeli rumah, luasan hunian yang dibeli akan semakin kecil.

“Dulu, orang menikah dulu, baru pindah. Sekarang kenapa nggak dibalik aja,” ujar psikolog Astrid Wen kepada Rumah123.

Baca juga: Milenial Punya Rumah Sendiri Ternyata Ada Manfaatnya Buat Orang Tua Lho

Sebenarnya, hal ini bisa dibalik lho. Setelah bekerja dan sebelum menikah, kamu bisa mulai memikirkan untuk memiliki hunian terlebih dulu.

Pendapatan kamu saat mulai bekerja biasanya masih terbatas. Kamu bisa membidik apartemen tipe studio dengan harga terjangkau. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang tua untuk pembayaran uang muka alias down payment (DP).

Baca juga: Harga Properti Selangit, Banyak Pasangan di Hong Kong Tunda Memiliki Anak atau Menikah

Intinya sih, kamu memaksa membeli hunian. Ya, nekat dulu. Yang penting punya hunian dulu karena tidak selamanya kamu akan tinggal di tempat yang sama, bukan?

Setelah kamu menikah, kamu masih bisa tinggal di apartemen tipe studio. Namun, setelah punya anak, tentunya apartemen tidak mampu menampung kamu dan anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Menikah dengan Hamish Daud yang Arsitek, Kira-kira Kayak Apa Ya Rumah Raisa?

Kamu bisa menjual apartemen ini dan dijadikan uang muka. Setelah itu, kamu mencicil hunian yang lebih besar misalnya apartemen 2 bedroom atau rumah tapak.

Jika kamu terlambat mulai memiliki hunian, maka luasan hunian yang kamu bisa beli bakal berkurang 4-8 meter persegi setiap tahunnya. Ini menurut riset Rumah123 lho. Kalau tahun ini, kamu bisa membeli hunian seluas 100 meter persegi, maka tahun berikutnya kamu hanya bisa mendapatkan rumah seluas 92 meter persegi.

Nah, makanya sebelum menikah dan punya anak, kamu bisa berpikir terbalik. Kenapa nggak punya rumah dulu baru menikah? Yuk, nekat beli rumah.

Bagikan: 1181 kali