tol semarang demak

Pasti kamu tidak percaya kalau pembangunan Tol Semarang-Demak menggunakan bambu sebagai salah satu materialnya. Yuk, simak penjelasann detailnya.

Pembangunan Tol Semarang - Demak di Jawa Tengah menggunakan bambu. Material tersebut digunakan sebagai sistem matras jalan.

Balai Bahan dan Struktur Bangunan Gedung, Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melakukan uji inovasi dalam pembangunan jalan tol.

Mereka sedang mengukur kelayakan bahan bambu yang digunakan sebagai sistem matras pada konstruksi jalan Tol Semarang-Demak.

Mengutip laman Detik.com, pengujian dilakukan dari 2 jenis, yakni uji tarik sistem matras bambu dan uji lentur sistem matras bambu.

Tujuannya, untuk mengetahui perilaku dari bambu yang dirangkai menjadi kesatuan sebagai matras bila mengalami gaya tarik.

"Pengujian dilakukan untuk mempersiapkan bahan bambu yang akan digunakan sebagai konstruksi matras," ujar Kepala Balai Bahan dan Struktur Bangunan Gedung Ferri Eka Putra.

Dia melanjutkan, matras bambu digunakan guna memperbaiki kondisi tanah, karena jenisnya termasuk very soft soil.

tol semarang - demak

Jalan Tol Semarang-Demak Terintegrasi dengan Tanggul Laut

Rencananya, pembangunan jalan tol Semarang-Demark tersebut ternyata bakal terintegrasi dengan tanggul laut.

Sebagai informasi, jalan tol terintegrasi dengan tanggul laut ini merupakan konstruksi yang pertama kali dilakukan di Indonesia.

Tentunya, pembangunan jalan Tol Semarang - Demak ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Kementerian PUPR.

Untuk memperkuat struktur timbunan di atas laut, jalan Tol Semarang - Demak akan diperkuat matras bambu setebal 17 lapis.

Selain itu, penguatan kondisi tanah dilakukan juga dengan cara pemasangan material pengalir vertikal pra-fabrikasi.

Sementara itu, Kepala BBPJN Jawa Tengah-D.I. Yogyakarta Satrio Sugeng Prayitno menerangkan diharapkan metode jalan tol bambu ini memberikan infrastruktur yang handal.

"Diharapkan tidak hanya akan memberikan konstruksi jalan tol yang efisien dari segi biaya, namun juga dapat menyediakan infrastruktur yang berkesinambungan di masa yang akan datang," ujar Satrio.

Wow, siapa menyangka kalau pembangunan ruas Tol Semarang-Demak yang menggunakan teknologi matras bambu.

Rumah123.com pernah membahas mengenai ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung dan Sumatera Selatan, ruas tol terpanjang di Indonesia.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Urban Signature.

Bagikan:
441 kali