Foto: Rumah123/Getty

Mimpi punya rumah yang ada kolam renangnya? Ya, jangan cuma mimpi aja, coba kamu wujudkan. Jangan bayangkan kalau mau punya kolam renang tuh kamu harus punya rumah yang besar dan berlahan luas. Rumah minimalis alias rumah mungil pun bisa aja ada kolam renangnya. Yang penting kamu tahu cara mewujudkannya.

Tentu saja kolam renang butuh didesain sebaik-baiknya sesuai kebutuhan penghuni rumah. Karena ini untuk keluarga, maka kamu perlu mempertimbangkan aspirasi penghuni rumah. Kalau kamu punya anak kecil, maka kolam renang itu juga harus aman digunakan oleh si kecil.

Baca juga: Kolam Renang Kecil di Lahan Sempit

Berikut beberapa faktor penting saat kamu mendesain kolam renang di rumah:

Ukuran

Hal pertama kali yang harus kamu perhatikan adalah ketersediaan ruang yang memadai untuk bikin kolam renang di rumah. Kalau cuma tersedia sedikit ruang, maka tak masalah kalau kolam renang yang akan kamu buat ukurannya kecil. Yang penting bisa berfungsi dengan baik.

Mempertimbangkan ukuran atau luas kolam renang adalah hal yang wajib kamu lakukan. Ukuran minimal berkisar 4 m x 7 m dengan kedalaman minimal satu meter untuk perenang dewasa. Jika luasnya kurang dari ukuran tersebut, maka akan berpengaruh pada kenyamanan saat berenang.

Layout

Kamu juga harus memperhatikan bentuk kolam renang yang diinginkan. Bentuk yang artistik atau yang biasa saja, tentu saja semua bentuk harus disesuaikan dengan ukuran kolam yang akan kamu buat.

Baca juga: Menurut Kamu, Ini Kolam Renang atau Akuarium Ya?

Indoor atau Outdoor

Mana yang lebih kamu pilih, sebuah kolam renang di dalam rumah atau di luar rumah? Klaau kamu memilih kolam renang indoor, maka sebaiknya sediakan banyak kaca di bagian samping sebagai akses untuk melihat pemandangan. Sebaliknya, kalau kamu lebih menginginkan kolam renang outdoor, perlu perawatan ekstra, semisal menjaga kebersihan kolam.

Peruntukannya

Ingin kolam renang yang ditujukan untuk apa? Semisal apakah untuk tempat berteduh, berjemur, dan sebagainya. Maka, sesuaikan peruntukan kolam renang dengan fasilitasnya agar kamu dan keluarga merasa nyaman dengan kolam renang itu.

Kekuatan Fondasinya

Kekuatan konstruksi kolam renang berada pada posisi, ketebalan dinding beton kolam, dan dasar kolam renang. Konstruksi ini didesain sebagai "otot" besar dari cor beton yang akan digunakan. Kondisi tanah juga berperan untuk sebuah kolam renang yang kokoh. Jika tanah di lokasi rumahmu lunak atau sering bergeser, maka kamu perlu menambahkan tiang pancang.

Baca juga: Kalau Punya Basement, Mau Dibikin Apa Ya? Mau Bikin Kolam Renang Ga?

Bak Penyaringan

Bak penyaringan air yang umum menggunakan dua bak, Bak pertama yang berisi ijuk merupakan tempat penampungan air bersih. Sedangkan bak kedua berisi batu gamping sebagai filter air. Dengan bantuan pompa dorong dan pompa isap, maka air kotor yang ada di dalam kolam renang akan didorong keluar dan berganti dengan air yang bersih.

Tambahkan Elemen

Ada beberapa elemen tambahan yang bisa kamu gunakan untuk melengkapi dan mempercantik kolam renang, semisal patung taman, air mancur, juga taman kecil. Berikan juga perputaran air yang turut mengantarkan oksigen. Hal ini juga berfungsi mencegah munculnya lumut pada dasar kolam, sehingga air kolam selalu terlihat jernih dan bersih

Perawatannya

Jangan lupa merawat kolam renang di rumah agar selalu bersih dan enak dipandang. Kolam renang yang bagaimanapun butuh perawatan yang baik. Selalu bersihkan kolam renang dari dedaunan dan kotoran-kotoran di atasnya.

Baca juga: Kolam Bundaran HI Aja Dibersihin!

Bersihkan kolam renang dari daun-daun kering setiap hari. Jangan lupa, daun-daun itu besok akan datang dan datang lagi. Kalau ada, kamu bisa gunakan vacuum khusus yang bisa membersihkan daun hingga dasar kolam.

Bersihkan pula filter kolam renang. Ibarat ginjal yang terus-menerus bekerja membuang racun dalam tubuh, filter kolam renang pun berfungsi sama, menghilangkan segala jenis kotoran dari dalam air. Supaya performanya tetap prima, bersihkan filter minimal sekali dalam seminggu.

Kandungan kimia bisa dibilang salah satu aspek yang paling penting dari pemeliharaan kolam renang. Air yang tampak keruh bisa saja menyebabkan iritasi kulit dan mata pada pengguna kolam renang. Kolam pun bisa saja menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Idealnya, kamu memeriksa air di kolam renang setidaknya sekali dalam seminggu untuk memastikan kandungan kimia di dalamnya aman.

 

 

Bagikan: 1276 kali