Kemacetan lalu-lintas di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto
   

Kamu masih berencana beli mobil? Pikir lagi ah! Pasalnya, ganjil-genap akan diperluas di jalan-jalan raya Jakarta dan diberlakukan 15 jam per hari selama perhelatan Asian Games. Kenapa pembatasan ganjil-genap ini sampe 15 jam sehari? Hal ini karena disinyalir perjalanan atlet dari Wisma Atlet di Kemayoran ke venue pertandingan sekitar 30 menit.

Uji-coba ganjil-genap 15 jam sehari itu mulai hari ini, Senin (2-7-2018), hingga akhir Juli 2018. Perluasan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil-genap ini dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, dan BPTJ.

Baca juga: Sistem Ganjil-Genap Berlaku Makin Lama, Tetep Pengen Punya Mobil?

"Untuk waktunya, kalau biasanya dua sesi pagi jam 06.00-10.00 WIB dan sore 16.00-20.00 WIB, untuk Asian Games agak diperluas dari 06.00 WIB sampai jam 21.00 WIB," kata Kadishub DKI, Andri Yansyah, seperti dikutip news.detik.com, Senin (2-7-2018).

Perluasaan ganjil-genap berlaku di mana ja sih? Ruas Jalan Jenderal Sudirman, Jln. MH Thamrin, Jln. Ahmad Yani, Jln. DI Panjaitan, Jln. MT Haryono, Jln. Gatot Subroto, sebagian Jln. S Parman, Jln. Rasuna Said, Jln. RA Kartini, Jln. Metro Pondok Indah, hingga Jln. Benyamin Sueb.

Fokus uji-coba ini fokusnya sosialisasi bagi pengguna jalan, jadi sanksi atau penilangan baru diterapkan pada 1 Agustus 2018.

Baca juga: Satu Lagi Aturan Ganjil-Genap Bakal Berlaku, Yakin Masih Mau Beli Mobil?

Dishub DKI dan Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rute alternatif bagi para pengendara yang tak bisa melintas di ruas jalan-jalan pemberlakuan ganjil-genap tersebut, yakni:

Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Suprapto-Jalan Salemba Raya-Jalan Matraman, dan sekitar arah Timur.

Jalan Warung Jati Barat-Jalan Pejaten Raya-Jalan Pasar Minggu-Jalan Soepomo , Jalan Saharjo , dan sekitar arah Selatan.

Jalan RE Martadinata-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan HBR Motik-Jalan Gunung Sahari, dan sekitar Utara.

Jalan RA Kartini-Jalan Ciputat Raya, dan sekitar arah Selatan.

Jalan Akses Tol Cikampek-Jalan Sutoyo-Jalan Dewi Sartika, dan sekitar arah Timur.

Jalan S Parman-Jalan Tomang Raya-Jalan Surya Pranoto atau Jalan Cideng, dan sekitar arah Utara.

Ah, makin ribet aja kan punya mobil, makanya alihkan aja dananya buat beli rumah! Kalau udah punya rumah nanti, baru deh mikirin punya mobil.

*

Bagikan: 1086 kali