investasi properti- rumah123.com Ilustrasi Apartemen. Bandara Soekarno-Hatta Menambah Sejumlah Fasilitas. Hal Ini Akan Memperbanyak Kapasitas Penumpang. Potensi Penyewa Apartemen di Tangerang Pun Bisa Meningkat (Foto: Rumah123/Chris Mottalini/Dezeen.com)

Bandara Soekarno Hatta diperluas sehingga jumlah pesawat yang mendarat bertambah. Ada potensi pertumbuhan penyewa apartemen di Tangerang.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan landasan pacu atau runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis, 23 Januari 2020 lalu.

Joko Widodo memaparkan bahwa selain peresmian runway 3, presiden juga meresmikan East Cross Connection Taxiway, Terminal 3, dan juga Gedung VIP (very important person) Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Menghitung Potensi Investasi Apartemen High-End di Tangerang

Peresmian sejumlah fasilitas dan juga perluasan bandara ini tentunya diharapkan pelayanan di bandara menjadi lebih baik. Selain itu, kapasitas jumlah penumpang bisa bertambah dan pengaturan manajemen kedatangan dan keberangkatan (take off dan landing) penumpang dapat lebih banyak lagi.

Saat meresmikan, presiden didampingi oleh sejumlah pejabat termasuk Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi menyatakan adanya landasan pacu 3 menjadikan kapasitas pesawat yang dapat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta bisa bertambah banyak.

Sebelumnya, jumlah pesawat yang bisa mendarat baru mencapai 82 pesawat. Nantinya, jumlahnya bisa bertambah hingga 100 pesawat.

Bandara Soekarno-Hatta Akan Memiliki Terminal 4

Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) juga sudah menyiapkan konsep desain Terminal 4. Saat ini, bandara ini baru memiliki tiga terminal.

Pembangunan konstruksi Terminal 4 ini akan dimulai pada 2021 mendatang. Pembangunan direncanakan selesai pada 2024.

Nantinya, Terminal 4 ini diproyeksikan bisa menampung jumlah penumpang mencapai 40 juta penumpang per tahun. Bandara Soekarno-Hatta diharapkan bisa menampung 110 juta penumpang setiap tahunnya.

Baca juga: Rencana Rute MRT Jakarta Diperpanjang Sampai Ke Tangerang Selatan

Kapasitas jumlah penumpang yang mencapai angka tersebut akan menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Sebenarnya, sekarang bandara ini sudah menjadi bandara dengan kapasitas penumpang terbanyak di Indonesia.

Potensi Pertumbuhan Penyewa Apartemen di Tangerang

Perluasan Bandara Soekarno-Hatta tentunya akan meningkatkan jumlah penumpang. Hal ini bisa berdampak kepada industri properti di Tangerang, apalagi jarak bandara dengan Tangerang terbilang dekat hanya sekitar 20 menit perjalanan.

Jumlah okupansi atau tingkat hunian hotel atau apart-hotel akan meningkat. Begitu juga dengan penyewa apartemen di Tangerang.

“Kehadiran Terminal 3 dan Terminal 4 ini sangat kami nantikan, dengan semakin meningkatnya traffic penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, tentu akan semakin besar pasar yang akan kami dapatkan,” ujar Direktur Skandinavia Apartemen Sugiyanto Lee.

Baca juga: Potensi Investasi Properti di Tangerang Semakin Menjanjikan

Apartemen ini merupakan sebuah superblok yang mencakup apartemen, pusat perbelanjaan, hotel, dan kawasan komersial. Sebagian apartemen dikelola dengan manajemen hotel menjadi apart-hotel. Konsep ini mirip dengan kondotel.

Lokasi properti yang dekat dengan bandara tentu menjadi keuntungan. Mereka yang biasa bepergian akan menjadikan apartemen menjadi tempat transit atau menginap baik dalam jangka waktu lama.

Para penyewa apartemen tidak hanya mereka yang tinggal di Tangerang, tetapi juga para pebisnis dari luar kota yang melakukan business trip hingga para pekerja profesional atau ekspatriat dari luar negeri.

Baca juga: Mau Beli Apartemen di Tangerang, Ada Banyak Pilihannya Lho

Bagikan:
741 kali