Pemerintah Kota Surabaya Akan Mempercepat Penyelesaian Jalan Gubeng yang Ambles (Foto: Rumah123/Wow Keren.com)

Sejumlah pihak terkait masih terus menyelidiki penyebab amblesnya Jalan Gubeng di Surabaya pada Selasa (18/12/2018) lalu. Namun, upaya pengembalian jalan juga dilakukan secepatnya.

Pemerintah Kota Surabaya segera bertidak agar dapat mengembalikan lagi fungsi jalan. Sejak jalan ini ambles, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur langsung melakukan rekayasa lalu lintas.

Lalu lintas kendaraan roda dua dan roda empat dialihkan ke jalan di sekitarnya. Lokasi kejadian sudah ditutup untuk akses kendaraan dari jarak beberapa puluh meter.

Baca juga: Gempa dan Tsunami Guncang Palu dan Donggala, Ingat Belajar Mitigasi Bencana

Sebenarnya, berapa lama untuk memperbaiki jalan yang ambles sehingga bisa dioperasikan lagi. Pihak berwenang sudah mengerahkan alat berat.

“Kami tidak bisa menjawab hari. Tapi hari ini kami mulai bekerja. Sehingga dalam waktu yang relatif cepat, Jalan Raya Gubeng bisa dioperasikan dengan baik,” ujar Muji Hermawan seperti dilansir oleh Kompas.com. Muji adalah Tim Ahli Bangunan Gedung Pemerintah Kota Surabaya.

Muji melanjutkan bahwa perbaikan jalan kemungkinan bakal memerlukan waktu antara satu hingga dua pekan. Saat ini, dibutuhkan sheet pulse dari material baja untuk segera dipasang pada bagian jalan yang ambles.

Baca juga:  Waduh, Jalan Gubeng di Surabaya Ambles Sedalam Lebih dari 15 Meter

Pemasangan sheet pule ini bersifat sementara. Tim akan memasang dengan cepat agar jalan dapat dipakai lagi. Dinding penahan akan dipasang lebih kuat.

Menurutnya, masalah ambles ini merupakan masalah lokal, ditengarai karena pembangunan ruang bawah tanah Rumah Sakit Siloam. Sejumlah bangunan di sekitar lokasi ambles masih berdiri.

Muji menyatakan proyek pengerjaan dapat dilakukan dalam waktu satu pekan. Tim akan bekerja siang malam untuk menyelesaikannya. Jika pelaksanaanya berlangsung dua pekan tentu lebih baik.

Baca juga: Kenapa Sih Jalan Gubeng Bisa Ambles

Pemerintah Kota Surabaya memang ingin segera memulihkan jalan yang menjadi akses masyarakat. Anggaran pembangunan pun telah disiapkan.

Bagikan: 771 kali