peralatan rumah tangga- rumah123.com Kasur Menjadi Salah Satu Peralatan Rumah Tangga yang Wajib Ada di Rumah. Ada Sejumlah Peralatan, Perabotan, dan Perkakas Rumah Tangga yang Memang Harus Ada di Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Setelah memiliki hunian, tentunya pemilik rumah akan mengisinya dengan sederetan peralatan rumah tangga. Apa saja peralatan rumah tangga yang harus ada?

Ketika memiliki rumah atau apartemen baru, pastinya kamu akan mengisinya dengan perabotan rumah tangga dan juga peralatan rumah tangga. Jika menuruti keinginan, tentunya kamu akan membeli semua barang.

Namun, kamu bisa memilah dan memilih peralatan rumah tangga apa saja yang harus ada dan wajib dimiliki terlebih dahulu. Sisanya bisa dimiliki suatu saat nanti.

Baca juga: Peralatan Makan Bersih Mengkilap Berkat Gula! Lho Memang Bisa?

Sejumlah peralatan rumah tangga ini memang harus dan wajib ada di rumah. Keberadaan peralatan ini memudahkan kamu dalam beraktivitas di rumah dan juga untuk melakukan penghematan.

Apalagi jika kamu masih menyicil rumah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Sepertinya sepele ya, namun ternyata masuk akal juga lho.

Sebelum membeli peralatan rumah tangga, pastikan kamu membeli produk yang bagus. Jangan tergiur harga rumah karena dikhawatirkan kualitas produk yang kurang bagus. Perhatikan juga material atau bahan pembuatnya.

Baca juga: Yuk, Rajin Membersihkan Alat-alat Kebersihan Rumah

Ketika mencari peralatan rumah tangga, kamu memang harus bijaksana. Kamu bisa membuat daftar barang yang harus dibeli terlebih dahulu.

Hmm, kira-kira apa saja yang memang dibutuhkan di rumah. Ada perabotan di kamar tidur, peralatan makan dan memasak, peralatan elektronik, dan perkakas kebersihan.

Peralatan dan Perabotan di Kamar Tidur

Kasur wajib ada di rumah. Setelah lelah beraktivitas atau bekerja di kantor, tentunya kamu ingin beristirahat di rumah dengan tidur nyenyak di atas kasur yang empuk.

Jangan lupakan sederetan pelengkap lainnya seperti bantal, guling, selimut, dan sprei. Pastikan kamu mempunyai sprei, sarung bantal, dan sarung guling dalam jumlah cukup. Biasakan untuk mengganti sprei secara berkala.

Yang tidak boleh dilupakan adalah lemari pakaian. Kamu membutuhkan tempat penyimpanan pakaian, sprei, handuk, dan lainnya.

Peralatan Memasak dan Makan

Kompor dan penanak nasi wajib ada. Jika kamu memasak makanan sendiri, kamu bisa menghemat uang untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Saat masih menyicil KPR, pastinya kamu memerlukan cara untuk menghemat uang.

Peralatan memasak juga wajib ada seperti panci dan wajan. Kamu memerlukannya untuk memasak makanan sehari-hari.

Peralatan makan seperti piring, mangkuk, gelas, cangkir, sendok, dan garpu juga wajib ada. Pastikan jumlahnya cukup, siapa tahu ada keluarga, tetangga, atau teman yang bertandang ke rumah.

Peralatan Elektronik

Kamu wajib memiliki lemari es. Bahan makanan, makanan dan minuman bisa disimpan di dalam lemari es. Kamu bisa menyimpan bahan makanan untuk satu pekan sebelum memasaknya setiap hari.

Jangan lupa punya televisi. Televisi bisa menjadi sarana hiburan di rumah usai pulang kantor atau saat akhir pekan. Ketimbang menghabiskan uang di bioskop, kamu bisa menonton tayangan di televisi.

Peralatan elektronik yang harus dimiliki lainnya adalah mesin cuci dan setrika. Kamu bisa menghemat pengeluaran demi cicilan KPR dengan mencuci dan menyetrika sendiri. Lumayan lho untuk melakukan penghematan.

Yang tidak boleh dilupakan adalah pendingin udara atau AC. Kamu hanya perlu memiliki satu pendingin udara yang ditempatkan di kamar tidur, sementara di ruangan lainnya hanya perlu memakai kipas angin.

Perkakas Kebersihan

Peralatan kebersihan seperti sapu, kain pel, kain lap, kemoceng, dan lainnya juga harus ada. Bisa jadi kamu belum memiliki asisten rumah tangga (ART) atau tidak menggunakan jasa pembersih online seperti Go-Clean, ya waktunya untuk membersihkan seluruh ruangan di rumah.

Untuk peralatan kebersihan, jangan lupa untuk membersihkannya. Jangan salah lho, peralatan kebersihan harus bersih. Bagaimana rumah mau bersih kalau peralatan kebersihan seperti sapu malah kotor?

Bagikan: 2746 kali