Peralatan Makan yang Didesain oleh Kosuke Araki (Rumah123/Dezeen)

Anima menjadi koleksi terbaru dari Kosuke Araki, desainer produk asal Tokyo Jepang. Dia merilis sejumlah produk peralatan makan.

Peralatan makan ini terdiri dari cangkir, piring, dan mangkok. Mau tahu terbuat dari material apa, semua peralatan rumah tangga ini?

Baca juga: Ingat Lho, Kamu Nggak Boleh Beli Peralatan Masak Belakangan

Arako menggunakan material daur ulang berupa sisa makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan juga kulit dan daging. Kulit dan daging ini menjadi “lem binatang”.

Dia ingin memperlihatkan alternatif dari pengolahan sisa makanan di rumah dan juga tempat pembuangan sampah yang jumlahnya sangat banyak.

Baca juga: Jangan Suka Buang Makanan Ya, Mari Kita Berkampanye dari Rumah Sendiri

“Setiap hari, limbah makanan dihasilkan dalam skala industry yang besar, begitu juga dalama skala domestik,” kata Araki kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

“Walaupun beberapa bisa diproses menjadi sesuatu yang berguna, kebanyakan dibuang begitu saja di area pembuangan akhir yang berakibat pada masalah lingkungan,” lanjutnya.

Baca juga: Peralatan Makan Bersih Mengkilap Berkat Gula! Lho Memang Bisa?

Araki mengumpulkan sampah makanan dari rumahnya selama dua tahun. Jumlah sampah ini mencapai 315 kg. Wah, itu dari satu rumah saja lho.

Dia membakar sampah sayuran sampai menjadi arang. Akari juga merebus tulang dan kulit binatang menjadi seperti lem yang akan bisa membuat arang bisa dibentuk.

Baca juga: Nah, Ini Dia, Cara Gampang Hilangkan Label Peralatan Makan yang Baru

Terakhir, dia memanfaatkan teknik urushi untuk melapisi produk. Urushi merupakan teknik ala Jepang dalam melapisi sebuah barang dengan cairan hitam.

“Cara ini tidak hanya memberikan kekuatan, tetapi membentuk dan melapisinya. Secara sejarah, urushi memiliki keterkaitan dengan sampah makanan. Contohnya nasi, tahu, dan lainnya yang dicampur oleh urushi akan membuatnya lengket, saat membikin lem,” kata Araki.

Baca juga: Peralatan Makan yang Kekinian, Sudah Punya Belum?

Wow, unik juga ya kalau peralatan makan justru terbuat dari sampah makanan. Limbah makanan bisa diolah kembali menjadi lebih berguna.

By the way, kalau melihat material yang digunakan, kira-kira kamu mau menggunakannya untuk makan dan minum nggak? Tapi kalau buat koleksi bagus juga ya.

Baca juga: Pasti Ga Percaya Kalau Peralatan Makan Porselen Keren ini Terbuat dari Limbah!

Kosuke Araki Membakar Semua Sampah Hingga Menjadi Arang (Rumah123/Dezeen)
Kosuke Araki Mengumpulkan Sampah Makanan dari Rumahnya Selama Dua Tahun (Rumah123/Dezeen)
 
Kosuke Araki Menjadikan Kulit dan Daging Binatang Sebagai Lem Perekat (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1266 kali