Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Dalam tiga tahun ke depan, Jakarta bakal menambah dua pusat perbelanjaan baru yaitu AEON Mall dan Pondok Indah Mal 3.

AEON Mall berada di perumahah mewah Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur sementara Pondok Indah Mal 3 berada di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Baca juga: Penambahan Infrastruktur Jadikan Jababeka Semakin Berkembang

Meski begitu, pada kuartal I 2017, belum ada tanda-tanda kenaikan tingkat serapan. Berdasarkan hasil riset Jones Lang LaSalle (JLL) "Jakarta Property Market Update" penyerapan pada tiga bulan pertama tahun ini memang cukup rendah.

"Ini disebabkan pasokan ruang yang tidak bertambah," ujar Head of Research James Taylor seperti dikutip oleh Kompas.

Baca juga: Banyak Perusahaan Multinasional, Jababeka Memacu Proyek Komersial

Taylor menyatakan kalau tingkat okupanasi diperkirakan tinggi dan stabil di atas angka 90 persen pada tahun-tahun mendatang.

Sektor layanan makanan dan minuman atau food and beverage (F&B) masih mendominasi permintaan pasar ritel. Selain itu, permintaan tinggi juga datang dari tenan di bidang kosmetik dan hiburan.

Baca juga: Ratusan Ribu Rumah di Sumatera Utara Sudah Tidak Layak Huni

Permintaan yang moderat datang dari tenan di bidang fast fashion, elektronik, serta peralatan rumah tangga. Sementara itu, permintaan untuk bidang perhiasan mewah dan fashion permintaan ruang mulai berkurang.

Taylor memperkirakan pasokan ruang ritel akan bertambah seluas 97.000 meter persegi pada 2017 ini dan seluas 50.000 meter persegi pada 2019 mendatang.

Bagikan:
1192 kali