Jerawat batu yang ditutupi oleh make up malah bisa semakin parah - Rumah123.com Jerawat batu yang ditutupi oleh make up malah bisa semakin parah - Rumah123.com

Jerawat batu merupakan salah satu masalah kulit yang paling dihindari, karena kehadirannya dianggap merusak penampilan. Bentuknya yang besar, keras dan merah yang menjadi eye catching ketika orang-orang melihatnya. Tidak hanya wanita, pria juga mempermasalahkan jika ada jerawat batu di wajah.

Biasanya, ketika jerawat batu muncul,  banyak orang langsung menutupinya dengan riasan lebih tebal. Tentu hal ini bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Alih-alih menutupinya, sebaiknya kamu mengetahui penyebab dan menghilangkannya dengan cara alami!

Di sini Rumah123.com akan merangkum penyebab dan cara menghilangkan jerawat batu yang mengganggu penampilanmu. Apa saja itu? Langsung saja, simak selengkapnya di artikel ini!

Penyebab terjadinya jerawat batu di permukaan wajah

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang muncul karena banyaknya sel kulit mati ditambah penumpukan minyak di jaringan kulit muka paling dalam. Dengan begitu membuat adanya benjolan yang timbul. Biasanya, jerawat yang timbul dengan benjolan yang besar disebabkan adanya infeksi yang terjadi di lapisan luar kulit muka.

Jika kamu menemukan muka yang dipenuhi dengan jerawat batu, itu merupakan masalah yang timbul karena telat atau tidak menangani jerawat batu yang sebelumnya dengan baik dan benar. Sehingga membuat jerawat tersebut pecah dan menimbulkan perpecahan pori-pori sehingga menular ke lapisan kulit lainnya.

Tau gak sih? Adanya jerawat batu di kulitmu dikarenakan kulit yang rentan menghasilkan banyaknya minyak sehingga membuat muka lembab dan menimbulkan adanya bakteri. Adanya pemakaian kosmetik yang tidak cocok atau kosmetik sembarangan juga dapat menyebabkan hadirnya jerawat batu. Pola gaya hidupmu yang tidak teratur dan tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat batu. Tidak hanya itu, jerawat batu ternyata juga bisa disebabkan karena adanya gen dari orang tua loh.

Cara mudah menghilangkan jerawat batu dari wajah

1. Bersihkan wajah secara rutin

Cara ampuh untuk menghindari kehadiran jerawat batu adalah melakukan pembersihan wajah secara rutin. Untuk kamu yang mempunyai kulit berminyak atau sering melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat, pastikan kamu mencuci muka. Jangan lupa juga untuk mengurangi aktivitas tangan yang dapat menyentuh area wajah, karena akan menyebarkan bakteri-bakteri yang tidak disadari akan membuat jerawat hinggap di wajahmu.

2. Menjaga pola makan

Bukan hanya perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga tak kalah penting. Salah satu langkah untuk menghindarkan adanya jerawat batu adalah pola makan. Kamu dapat mengatur apa yang akan kamu konsumsi dengan baik dan benar jika tidak ingin adanya jerawat di wajah. Kamu dapat mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti perbanyak sayur atau buah. Tidak lupa juga untuk menghindari makanan manis karena dapat memperparah jerawat. Tak hanya itu, kamu juga dapat menambah asupan vitamin yang dapat membantu mencegah terjadinya jerawat.

3. Menjalani pola hidup sehat

Tidak hanya menjaga pola makan, kamu juga harus menjaga pola hidup sehat seperti tidur teratur dan mengurangi stress berlebih untuk menghindarkan adanya jerawat yang hinggap di wajahmu. Kamu harus tidur minimal 5 jam dalam sehari, karena jika tidak tubuhmu akan menghasilkan hormon yang cukup kacau. Perhatikan juga posisi tidur yang tepat. Tidak hanya kurang tidur, stress berlebih juga akan menyebabkan wajah berjerawat. Untuk itu, sangat penting membuat pikiran stabil supaya tidak stress dan menghasilkan hormon yang baik untuk dirimu.

4. Kurangi pemakaian kosmetik

Biasanya, kosmetik yang diidam-idamkan mempunyai khasiat dapat mempercantik penampilanmu ternyata juga ada bahayanya loh. Karena sebagian kosmetik mengandung zat kimia yang nantinya akan mempunyai efek bahaya untuk wajahmu dan akan merusak penampilanmu. Untuk itu, kamu jangan bergantung pada kosmetik melainkan ubah ketergantunganmu itu dengan menggunakan produk yang berbahan alami.

5. Jangan lupa berolahraga

Jika kamu merasa sudah menjalani pola makan dan pola hidup yang baik, jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan berolahraga. Dengan olahraga rutin, sirkulasi darah dalam tubuhmu akan menjadi baik dengan adanya oksigen dan nutrisi yang didapatkan oleh tubuhmu karena berolahraga.

Kamu tidak mau kan jika penampilan terganggu karena adanya jerawat batu? Jangan biarkan jerawat tersebut menyebar menjadi banyak. Jalani hal-hal di atas untuk mencegah adanya jerawat di wajahmu. Cukup mudah bukan?

Bagikan:
5352 kali