Sepanjang 2018, Penumpang Transjakarta Sudah Tercatat Hingga 189,77 Juta Orang. Yuk, Biasakan Naik Transportasi Massal (Foto: Rumah123/Transjakarta.co.id)

Jumlah penumpang Transjakarta pada 2018 tercatat mencapai 189,77 juta orang. Apakah kamu termasuk orang yang sudah biasa menggunakan transportasi massal?

Transjakarta sudah berkembang pesat dari tahun ke tahun sejak pertama kali diperkenalkan pada 2004. Saat ini, Transjakarta sudah memiliki 13 koridor.

Rute awal Transjakarta baru sepanjang 12,9 kilometer yang menghubungkan Blok M-Kota. Setelah itu, Transjakarta terus menambah koridor.

Baca juga: MRT Bakal Beroperasi, Rute TransJakarta Bakal Dimodifikasi

Pada 2018, jumlah penumpang mencapai 189,77 juta orang. Kenaikan ini cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jumlah itu naik 31 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mengangkut 144,72 juta orang,” ujar Direktur utama PT Transjakarta Agung Wicaksono seperti dikutip oleh Kompas.com.

Kenaikan ini tidak terlepas dari penambahan rute terbaru. Pada 2018, ada penambahan 33 rute baru menjadi total 155 rute. Sebelumnya, pada 2017 baru ada 122 rute layanan.

Baca juga: Halte Transjakarta Bakal Terintegrasi dengan Stasiun MRT, Yuk Naik Transportasi Massal

Pada 2019 ini, Transjakarta akan menambah sejumlah rute baru. Selain itu, Transjakarta juga akan terintegrasi dengan MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu), LRT (Light Rapid Transit), Transpatriot, kereta listrik commuter line, dan lainnya.

Nah, kamu sendiri sudah termasuk dari 189,77 juta orang yang menggunakan Transjakarta, belum? Kalau belum, yuk mulai dari sekarang mulai membiasakan diri untuk naik transportasi massal alias angkutan umum.

Kamu bisa menghemat pengeluaran jika naik transportasi publik. Parkir mobil atau motor kamu di rumah. Kamu bisa mengalihkan pengeluaran transportasi untuk cicilan hunian atau investasi properti.

Baca juga: Transpatriot dan Transjakarta Bakal Terintegrasi, Yuk Cari Rumah di Bekasi

Bagikan: 849 kali