Penghargaan Indonesia Original Brand 2017 untuk Rumah123 (Rumah123/SWA)

Merek lokal ternyata tidak kalah dan bisa bersaing dengan merek internasional. Merek lokal bisa diingat dan disukai oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang diraih oleh Rumah123.

Rumah123 sukses meraih penghargaan Indonesia Original Brand 2017 untuk kategori Property Online oleh majalah bisnis SWA. Rumah123 merupakan bagian dari REA Group Australia.

Baca juga: Punya Audience Lebih Luas, Media Online Bisa Perluas Pasar Bagi Agen Properti

Situs properti nomor 1 di Indonesia ini meraih penghargaan untuk kategori Property Online dengan meraih nilai tinggi untuk semua penilaian dari satisfaction, loyalty, advocacy, local brand competitiveness level, hingga IOB index.

Penghargaan ini memakai riset yang melibatkan 5.144 responden yang tersebar di area Jabodetabek, Medan, Makassar, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Baca juga: Asyik, Jakarta Masih Ramah untuk Para Penyewa Rumah

Para responden diminta untuk menyebutkan merek-merek lokal nasional yang mereka pernah gunakan dan menilai berdasarkan variabel yang sudah diterjemahkan ke dalam kuesioner.

Satisfaction merupakan kemampuan merek memenuhi fungsi utama kualitas merek serta perbandingan manfaat dan biaya. Loyalty adalah seberapa besar responden benar-benar menyukai sebuah merek dan kemungkinan menggunakan merek tersebut di masa depan.

Baca juga: Perusahaan E-Commerce Dominasi Permintaan Ruang Perkantoran CBD

Advocacy adalah seberapa kuat sebuah merek menciptakan faktor word of mouth, rekomendasi pengguna terhadap merek dan daya tolak merek dari isu negatif.

Sedangkan local brand competitiveness level adalah tingkat kompetisi merek terhadap merek asing. Masing-masing variabel penilaian ini memiliki beberapa sub variabel lagi.

Baca juga: Cicilan KPR Sampai Umur 70 Tahun? Kenapa Ga Bisa?

Penghargaan dari SWA ini mendapatkan apresiasi dari Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung.

“Saya mengapresiasi penghargaan ini sebagai wujud nyata betapa brand harus start and end with   costumer. Menyandang brand yang asli dari bahasa Indonesia dan didirikan di Indonesia membuat kami tidak pernah lupa dan lelah untuk sebisa mungkin mengerti konsumen Indonesia,” ujar Untung.

Baca juga: Nilai Tukar Mata Uang Melemah, Saatnya Beli Properti

“Walaupun kini kami telah menjadi bagian dari REA Group yang merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Australia, kami tidak lupa bahwa konsumen adalah yang terpenting sehingga kami terus melakukan pendekatan-pendekatan yang sangat akrab dan relevan untuk konsumen Indonesia dengan tetap memegang teguh standar kualitas internasional dan inovasi-inovasi global tentunya,” lanjutnya.

Mindset “think global act local” benar-benar kami jalankan sehingga kami bisa tetap menjadi yang terdepan dengan dibuktikan dari 3 award sebagai NPS Leader dan The Best Property Portal mengalahkan property portal lain. Namun ternyata juga tetap unggul sebagai brand asli Indonesia. Satu bukti bahwa merk asli Indonesia juga bisa mengalahkan merk yang diciptakan di luar negeri,” kata Untung lagi.

Bagikan: 1044 kali