Situs Properti Rumah123.com Menggunakan Teknologi Eye Tracking dan EEG (Electroencephalography) dalam Penghargaan Real Estate Awards 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Situs properti Rumah123.com menggunakan teknologi dalam memberikan penghargaan Real Estate Awards 2019. Teknologi digunakan untuk menunjukkan kredibilitas penghargaan dan juga menghilangan bias dari dewan juri.

Laman properti yang juga bagian dari REA Group Australia ini menggunakan teknologi eye tracking dan juga EEG (Electroencephalography). Teknologi eye tracking sudah dimanfaatkan saat Real Estate Awards 2018.

Ada lima juri yang merupakan key opinion leader dilibatkan dalam penghargaan ini. Mereka berprofesi sebagai arsitek, agen properti, dan juga selebriti. Mereka menilai situs perusahaan pengembang. Selain developer, Rea Estate Awards 2019 ini memberikan penghargaan kepada bank, agen properti, dan kantor agen properti.

Baca juga: Apresiasi Para Pelaku Industri Properti, Rumah123.com Berikan Real Estate Awards 2019

Dalam memberikan penilaian, para juri dipasangi piranti teknologi eye tracking dan EEG. Teknologi eye tracking bisa memantau pergerakan mata para juri saat melihat apa yang dinilai.

Sementara EEG mencatat aktivitas spontan otak. Electroencephalography merupakan sistem yang memantau aktivitas otak secara menyeluruh.

“Kami akan selalu memastikan penilaian yang obyektif dan credible untuk semua pemenang di Real Estate Awards, oleh karena itu selain penjurian dari panelis dengan menggunakan eye tracking tahun ini kami pun juga menggunakan EEG sebagai tambahan,” ujar General Manager Marketing Rumah123.com, Fanny Meilana.

Baca juga: Rumah123.com Gunakan Inovasi Teknologi dalam Real Estate Awards 2019

Kombinasi kedua biometric tools dalam penilaian penghargaan merupakan yang pertama dan satu-satunya untuk industri dan bisnis properti di Indonesia.

Penggunaan teknologi eye tracking dan juga EEG bisa menghasilkan insight dan perspektif baru terkait perilaku konsumen. Hal tersebut tidak dapat dari beragam riset lainnya seperti survei, interview, atau wawancara, dan juga focus group discussion (FGD).

Sebenarnya, ada satu lagi cara dalam menilai para finalis Real Estate Awards 2019 yaitu mystery call yang digunakan untuk menilai kinerja para agen properti dan kantor properti.

Baca juga: Kategori Apa Saja yang Ada Pada Real Estate Awards 2019

Bagikan: 315 kali