Kursi Unik Ini Dirancang oleh Desainer Produk Masahiko Ito (Rumah123/Dezeen)

Siswa menghabiskan banyak waktunya di dalam kelas. Mereka bisa duduk selama berjam-jam saat mengikuti pelajaran di sekolah.

Buat kamu yang pernah mengalami hal ini, gimana dengan masa sekolah kamu? Bisa konsentrasi nggak setelah sekian lama duduk?

Baca juga: Wuih, Ferrari Desain Kursi Kerja yang Mirip Kursi Mobil Balap!

Desainer produk berdarah Jepang, Masahiko Ito mendesain bangku sekolah untuk anak-anak. Bentuknya unik seperti pelana kuda. Ito merupakan alumnus Kingston School of Art, sebuah perguruan tinggi terkemuka di Inggris.

Saddle seat merupakan kursi dengan tempat duduk yang sempit sehingga membentuk tubuh pemakai seperti sedang berada di sadel kuda. Desain ini bisa memaksimalkan konsentrasi dan meningkatkan postur pemakai.

Baca juga: Wow, Kursi Kaca yang Penuh Warna! Siapa Mau Koleksi?

Ito mendapatkan desain ini lantaran melihat korelasi atau hubungan antara postur dan konsentrasi. Kursi ini bisa merangsang anak untuk duduk tegak. Hal ini penting untuk menjaga ketertarikan dan konsentrasi saat duduk dan belajar.

“Saya menyadari kalau secara alami kita ingin bermain dan bergerak di sekitar kursi. Contohnya ketika kita ingin berkonsentrasi terhadap guru, kita ingin duduk dengan posisi menghadap ke depan, berada di bagian depan kursi seperti sedang menunggang. Ketika kita sedang berpikir, kita akan mengambil posisi santai,” ujar Ito kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Kursi Keren Ini Dibuat dari Anyaman Benang Rajut dan Wol!

Saddle seat terdiri dari tiga komponen yaitu tempat duduk, rangka, dan penyangga punggung. Setiap bagian dibuat secara ramah lingkungan. Kursi ini tersedia dalam warna merah muda, biru, dan oranye.

Wah, kalau kursi ini bisa membuat penggunanya konsentrasi, seharusnya para pekerja kantoran juga demikian ya. Kan banyak tuh kalau sedang meeting, malah ngantuk. Nah, ketahuan deh.

Baca juga: Hiii, Serem Banget Sih Kursi Bergambar Tengkorak Manusia

Kursi Didesain Membuat Pemakai Seperti Duduk di Atas Pelana Kuda (Rumah123/Dezeen)
Perancang Kursi Menyatakan Kalau Pemakai Akan Lebih Berkonsentrasi dan Bisa Memperbaiki Posisi Duduk (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 628 kali