Pemerintah Kota Paris, Prancis Berencana Membuat Kolam Renang di Atas Sungai (Rumah123/Curbed)

Sederetan kota megapolitan yang besar dan sibuk plus dilewati oleh sungai besar sudah pasti memiliki masalah air terutama terkait sungai. Dulu, perdagangan dan transportasi memang memanfaatkan aliran sungai.

Apalagi sejak arus urbanisasi meningkat sehingga membuat kota besar semakin sesak. Sampah dan limbah pun semakin banyak.

Baca juga: Kalau Punya Basement, Mau Dibikin Apa Ya? Mau Bikin Kolam Renang Ga?

Sekarang, masih ada yang memanfaatkannya, namun ada juga yang tidak. Yang pasti sih, sungai punya masalah yang sama di mana saja yaitu sampah.

Sampah rumah tangga, limbah pabrik, atau apa saja memenuhi aliran sungai. Air sungai tidak hanya menjadi kotor, tetapi juga bau.

Baca juga:  Begini Cara Bikin Korut dan Korsel Berdamai, Bikin Kolam Renang!

Situs properti Curbed mencatat ada sembilan kota di dunia yang sedang berbenah untuk membuat sungainya kembali bebas polusi. Ambisinya tidak hanya membuat sungai bersih, tetapi bisa menjadi tempat untuk berenang.

Sejumlah kota yang memiliki inisiatif ini adalah Paris (Prancis), New York (Amerika Serikat), Montreal (Kanada), London (Inggris), Berlin (Jerman), Copenhagen (Denmark), dan lainnya.

Baca juga:  Co-Working Space di Kolam Renang? Wah, Basah Ga Ya?

Kota-kota ini ingin masyarakatnya terhubung lagi dengan sungai. Pemerintah kota membuat area berenang terbuka. Kolam ini berada di atas sungai.

Air kolam renang berasal dari sungai. Air ini sudah melewati proses penjernihan sehingga air bersih dan bisa digunakan untuk berenang.

Baca juga:  Menurut Kamu, Ini Kolam Renang atau Akuarium Ya?

Area ini juga menjadi kawasan terbuka bagi masyarakat. Orang tidak hanya berenang, tetapi juga dapat bersantai dan ngobrol bersama orang-orang terdekat.

Hmm, kira-kira bisa nggak ya diterapkan di Sungai Ciliwung? Bisa saja sih ya. Tapi, kira-kira kamu mau nggak berenang di kolam tersebut?

Bagikan: 3117 kali