OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Penerapan WFH Terus Berlanjut, Harga Sewa Kantor dan Apartemen Jadi Makin Murah

19 Juli 2022 · 2 min read Author: Reyhan Apriathama

Harga Sewa Apartemen Harian

Penerapan PPKM level 4 memastikan seluruh aktivitas diharuskan untuk WFH dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 klaster perkantoran.

Faktor tersebut berdampak terhadap industri properti, khususnya dalam bidang sewa kantor hingga apartemen.

Knight Frank mencatat dilansir dari detikcom, selama semester I-2021 tingkat hunian sewa kantor turun 2%, menjadi 72,99%.

Penurunan tersebut disebabkan oleh beberapa alasan, di antaranya masa sewa kantor yang telah habis dan tidak diperpanjang, relokasi, dan pengurangan ukuran yang diperlukan.

Kemudian, ada empat proyek pembangunan gedung perkantoran juga diketahui menunda memasuki pasar hingga waktu yang belum ditentukan.

“Harga sewa harus beradaptasi dengan kondisi pasar saat ini,” tulis keterangan Knight Frank dilansir dari detikcom Jumat (06/08/2021).

Meski demikian, masih ada beberapa sektor industri yang masih menggunakan kantor untuk kebutuhan operasional, mulai e-commerce, IT, perdagangan, masih menjadi sektor prospektif yang menyerap sewa kantor di CBD Jakarta.

Kemudian, RDTX Place dan Chitaland Tower masih menjadi satu-satunya perkantoran yang tetap komit memasuki pasar di semester ini.

Adapun, perkantoran tersebut memiliki luas berkisar 94 ribu meter persegi, di koridor Kuningan yang mendapatkan pasokan baru dari area perkantoran.

Selain Sewa Kantor, Sewa Apartemen Juga Ikutan Terdampak 

Tak hanya sewa kantor yang terkena dampak PPKM, sewa apartemen juga melemah dalam enam bulan ke belakang.

Rata-rata tingkat penyewaan periode ini sebesar 59,9% atau melemah sebanyak 3,4% dari periode sebelumnya.

Sementara, pasokan apartemen yang tersedia saat ini berjumlah tetap 8,978 unit.

“Penurunan tingkat penyewaan terjadi setelah repatriasi WNA/TKA tahun ini, namun secara bergelombang TKA kembali lagi ke negara asalnya karena pandemi yang meningkat sejak Juni” tulis keterangan resmi tersebut.

Sedangkan sebagian besar proyek apartemen masih menahan harga sewa dan belum ada perubahan bahkan kenaikan.

Tercatat, saat ini ada 1,670 unit future supply untuk tahun 2023 mendatang, dengan mayoritas lokasi sewa kantor dan apartemen di wilayah Central Business District (CBD).

Diketahui juga terdapat dua proyek dari future supply yang menunda pasar pada tahun 2020 dan berencana akan masuk pasar pada akhir tahun ini.

Bahkan, terdapat satu proyek lainnya yang akan masuk di tahun ini setelah tertunda pasca 2019 silam.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang turunnya harga sewa kantor dan apartemen pasca penerapan WFH selama masa PPKM.

Penuruhan harga sewa tersebut diharapkan juga menjadi stimulus yang baik untuk meningkatkan keterisian maupun okupansi kantor dan apartemen.

Temukan informasi menarik seputar hunian dan properti, selengkapnya di Rumah123

“Cari tahu keunggulan dan fasilitas Summarecon Bekasi di sini.”


Tag: ,


Reyhan Apriathama
Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA