Olustrasi seorang wanita yang sedang menderita asam lambung naik - Rumah123.com Ilustrasi seorang wanita yang sedang menderita asam lambung naik - Rumah123.com

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi ketika asam pada lambung naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Hal ini biasanya terjadi lantaran kadar asam yang terlalu tinggi. Apabila tak diatasi, kondisi ini dapat menimbulkan bahaya pada kondisi kesehatan tubuh. Mulai dari rongga kerongkongan yang menyempit, gigi rusak akibat lapisan email gigi terkikis, sesak napas, bahkan hingga kanker kerongkongan. 

Mengatasi asam lambung dengan menghindari 6 makanan & minuman ini

Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai dengan memerhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Tentu saja, kamu harus menghindari makanan dan minuman yang memicu terjadinya asam lambung naik. Apa saja makanan dan minuman tersebut?

Makanan tinggi lemak

Lemak akan dicerna secara perlahan oleh tubuh, sehingga makanan yang mengandung lemak tinggi akan  menghabiskan waktu lebih lama di dalam lambung. Hal ini bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Untuk itu, hindari produk-produk dairy, dan makanan berminyak.

Makanan pedas

Makanan pedas bisa menyebabkan iritasi pada kerongkongan dan memicu rasa nyeri pada ulu hati. Bagi penderita asam lambung, makanan pedas tentu akan memperparah rasa sakit. Untuk itu, sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung cabai atau lada. 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak gas sehingga bisa membuat perut kembung. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kacang-kacangan juga bisa memicu naiknya kadar asam pada lambung. 

Buah-buahan yang bersifat asam

Walaupun sebagian besar buah rasanya asam, namun tak semuanya bersifat asam. Beberapa buah dan sayur yang bersifat asam misalnya seperti jeruk, lemon, anggur dan tomat. Ketika perut kosong, mengonsumsi buah dan sayur yang bersifat asam hanya akan membuat penyakitmu kambuh. 

Baca juga: 4 Resep Makanan Penurun Kolesterol yang Enak dan Mudah Dibuat!

Cokelat

Pecinta cokelat harus siap-siap kecewa membaca ini. Cokelat yang rasanya enak ternyata bisa memicu naiknya kadar asam pada lambung. Hal ini disebabkan karena kakao mengandung kadar lemak tinggi, serta zat theobromine dan kafein yang bisa menyebabkan refluks (rasa terbakar pada dada).

Kafein dan alkohol

Minuman tinggi kafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda bisa meningkatkan produksi asam pada lambung. Begitu juga dengan alkohol, seperti wine, bir, koktail, dan lainnya yang juga bisa memicu naiknya asam lambung. 

Itu dia 6 makanan dan minuman pemicu GERD kambuh. Nah, kamu tentu nggak mau kan penyakit asam lambung terus-terusan kambuh? Maka dari itu, hindari pantangan di atas agar kamu cepat sehat!

Bagikan:
9381 kali