Kemacetan di Ruas Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah Pada Mudik Lebaran 2018. Korps Lalu Lintas Kepolisian RI Berencana untuk Memperbolehkan Para Pemudik untuk Berbuka Puasa di Bahu Jalan Tol, Namun Setelah Itu Mereka Diminta Melanjutkan Perjalanan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Korps lalu lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) bakal memperbolehkan pemudik yang ingin berhenti di bahu jalan tol saat mudik Lebaran 2019. Tetapi, ada hal yang mesti kamu ingat ya.

Dalam beberapa hari ke depan, arus mudik akan memadati jalan Tol Trans Jawa dan juga Trans Sumatera. Mereka ingin merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah di kampung halaman.

Sebagian besar pemudik tentunya masih berpuasa Ramadan. Bisa dimaklumi jika mungkin saja para pemudik harus berbuka saat masih berkendara.

Baca juga: Ada 71 Rest Area Sepanjang  Jalan Tol Trans Jawa, Mudik Lebaran Pun Bisa Lebih Tenang

Hal ini membuat Korlantas Polri memberikan pengecualian berupa kemudahan bagi para pemudik yang ingin rehat sejenak seraya menanti waktu berbuka puasa.

“Jadi kami beri dispensasi buat pemudik. Jika lelah dan rest area penuh sedangkan sudah waktunya berbuka, kami silahkan beristirahat di bahu jalan tol untuk buka puasa,” ujar Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri, Komisaris Besar Polisi Benyamin seperti dikutip dari Kompas.com.

Hanya saja Benyamin mengingatkan bahwa dispensasi tidak serta merta menjadikan bahu jalan tol dipakai sebagai area pakir. Hal tersebut dilaksanakan lantaran bersifat mendesak. Waktunya juga tidak lama cuma menjelang berbuka puasa.

Baca juga: Jalan Tol Pandaan-Malang Masih Gratis Selama Mudik Lebaran 2019

Setelah selesai berbuka, para pemudik diharapkan bisa melanjutkan perjalanan kembali. Benyamin menyatakan masyarakat sudah dewasa dan pastinya tidak menghabiskan waktu lama di bahu jalan tol, kemudian bisa mencari rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) terdekat yang tidak penuh.

Pak Polisi memang bisa memahami kalau jelang waktu berbuka, pastinya rest area penuh. Bisa jadi kamu tidak mendapatkan tempat. Polisi memberikan kemudahan bagi para pemudik untuk berbuka di bahu jalan tol.

Pemerintah berencana untuk menerapkan one way system atau lajur satu arah saat arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Brebes mulai 30 Mei hingga 2 Juni 2019. Penerapan ini dimulai dari gerbang tol Cikarang Utara hingga pintu tol Brebes Barat KM 262.

Baca juga: Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Jawa, Jangan Lupa Isi E-Toll yang Banyak

Kemacetan panjang memang sering terjadi pada jalur ini saat arus mudik. Sistem satu jalur diterapkan agar kemacetan tidak mengunci.

Bagi kamu yang berencana mudik Lebaran 2019 melalui jalan Tol Trans Jawa, jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari bahan bakar yang penuh, makanan dan minuman, peralatan mobil atau tool kit, mainan dan bantal untuk anak, smartphone dan charger, dan lainnya.

Kamu harus mempersiapkan semuanya lantaran bisa saja kamu harus berbuka di bahu jalan tol karena rest area penuh dan juga terjadi kemacetan panjang. Selama bulan Ramadan 2019, situs properti Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel mengenai puasa dan mudik lebaran.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Sumatera, Wajib Tahu Lokasi Rest Area

Bagikan: 634 kali