Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Telah Menyiapkan Fasilitas Park and Ride (Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto)

Pengetatan parkir di zona komersial seperti kawasan Sudirman dan Thamrin akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Fasilitas park and ride akan disediakan di titik-titik yang terkoneksi angkutan umum atau transportasi massal.

Hal ini dilakukan agar masyarakat mau meninggalkan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Mereka bisa memarkirnya di parkir yang sudah disediakan dan kemudian menggunakan transportasi massal. Inilah yang menjadi konsep park and ride.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menaikkan tarif parkir dan mengurangi jumlah lahan parkir. Gubernur ingin masyarakat Jakarta mulai beralih ke angkutan umum.

Baca juga: MRT Bakal Beroperasi, Rute TransJakarta Bakal Dimodifikasi

“Dinas Perhubungan memiliki beberapa park and ride yang terhubung dengan angkutan umum massal,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko seperti dikutip dari Kompas.com.

Sejumlah park and ride telah tersedia di beberapa kawasan yaitu Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres, Terminal Ragunan, serta Thamrin 10. Setiap area park and ride memiliki kapasitas berbeda, mulai dari 80 hingga 230 mobil dan motor.

Sigit juga memastikan tidak akan membiarkan pengetatan parkir membuka peluang munculnya parkir ilegal. Dia akan memberikan penindakan kalau terbukti adanya parikir ilegal.

Baca juga:  Transpatriot Bekasi Mulai Uji Coba, Ayo Naik Angkutan Umum

Pelanggaran pastinya mempunyai konsekuensi sanksi, entah itu tindak pidana ringan atau pun sanksi lainnya. Dinas Perhubungan akan melakukan pengawasan dan penertiban parkir liar.

Buat kamu yang terbiasa naik kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk pergi beraktivitas, mulai dong buat ikutan park and ride. Parkir kendaraan kamu di area yang disediakan, truz naik angkutan umum atau transportasi massal deh.

Sekarang jalur TransJakarta sudah menjangkau banyak tempat lho. Belum lagi, kereta commuter line dengan jadwal keberangkatan yang cukup banyak. Nah, Mass Rapid Transit (MRT) bakal beroperasi pada Maret 2019.

Baca juga:  Tarif Bakal Naik dan Lahan Parkir Akan Dikurangi, Makanya Naik Angkutan Umum Aja

Bagikan: 1156 kali