Kemacetan lalu-lintas di Jalan Sudirman, Jakarta. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto
 

Hadirnya sebuah pelabuhan di sebuah kawasan tentunya bakal bikin kawasan tersebut berkembang. Paling gak ada kebutuhan hunian baru bagi para pekerja atau orang-orang yang berurusan atau berkegiatan di pelabuhan tersebut. Hal ini juga yang tentunya bakal terjadi dengan hadirnya Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, gak berapa lama lagi.

Pada Juli 2018 ini, pembangunan tahap 1 Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, akan dimulai. Pembangunan tahap 1 fase pertama ditargetkan rampung pada 2019. Sedangkan fase keduanya direncanakan selesai pada 2023. Selanjutnya, pembangunannya akan dilanjutkan ke tahap 2 dan 3. Pada 2019, Pelabuhan Patimban direncanakan sudah beroperasi.

Baca juga: Sampe Kamis Ini Tol Jakarta-Cikampek Diprediksi Macet, Masih Milih Beli Mobil?

Pemenang tender kontraktor pembangunannya adalah konsorsium lima perusahaan: Penta Ocean, Toa dan Rinkai dari Jepang, serta BUMN karya (PT Wijaya Karya dan PT PP Tbk). Pelabuhan Patimban ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional, yang pembangunannya dilaksanakan melalui pendanaan dari Pemerintah Jepang.

”Surat penetapan pemenang proyek sudah diserahkan Satuan Kerja Patimban kepada kontraktor pemenang proyek pada Mei 2018. Pembangunannya sudah harus mulai Juli ini,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo, seperti dikutip Kompas, Senin (9-10-2018).

Baca juga: NJOP Jakarta Naik 19%, Masih Ngotot Punya Rumah di Kota Ini?

Hadirnya Pelabuhan Patimban diharapkan bisa mengurangi biaya logistik, memperkuat ketahanan ekonomi, menjamin keselamatan pelayaran, dan mengurangi tingkat kepadatan lalu-lintas di Jakarta. Lho kok bisa? Pelabuhan Patimban kan di Subang, gimana bisa mengurangi kemacetan Jakarta?

Kalau menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di katadata.co.id, Selasa (26-6-2018), Pelabuhan Patimban bisa mengurangi kemacetan lalu-lintas Jakarta paling gak karena 3 alasan berikut ini:

Baca juga: Loop Line Bakal Kurangi Kemacetan Jakarta, Beneran Nih?

Pertama, karena pelabuhan ini akan terintegrasi dengan kawasan ekonomi industri terpadu Bekasi-Karawang-Purwakarta (Bekapur) yang akan segera dibangun pemerintah. Nantinya akan banyak industri yang diarahkan masuk ke kawasan Bekapur ini, sehingga semua industri tersebut keluarnya dari Pelabuhan Patimban, bukan dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Kedua, mereka yang menuju ke kawasan Bekapur diprediksi menggunakan Bandara Kertajati, bukan Bandara Halim Perdanakusuma ataupun Bandara Soekarno Hatta.

Ketiga, banyak tujuan pengiriman logistik akan beralih ke Pelabuhan Patimban, sehingga kepadatan lalu-lintas di Jakarta pun akan berkurang.

*

Bagikan: 523 kali