Pembobol Rumah Kosong Mempunyai Modus Baru dalam Beraksi. Hati-hati Ya Gaes (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Belum lama ini, kelompok pembobol rumah beraksi di kawasan perumahan Alam Sutera, Tangerang Selatan pada Kamis (10/01/2019). Mereka menggunakan mobil bagus dan berpakaian rapi dalam menjalankan aksinya. Hal ini merupakan modus baru.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Tangerang Selatan, Ajun Komisaris Polisi Alexander Yuriko menyatakan kalau pelaku mengenakan pakaian rapi untuk menghindari kecurigaan masyarakat dan petugas keamanan kompleks.

“Yang bersangkutan tampil perlente, semuanya (tersangka),” ujar Alexander seperti dikutip oleh Kompas.com. Semua tersangka yang tertangkap ada empat orang, tiga orang laki-laki dan satu orang perempuan.

Baca juga: Ini yang Dilakukan oleh Mo Salah Saat Rumahnya Kemalingan

Pelaku perempuan mengenakan dress ketika memastikan rumah incaran tidak berpenghuni. Dia tidak akan dicurigai jika pemilik rumah ada dan berkilah salah alamat.

Gerombolan ini menggunakan mobil Toyota Fortuner saat beraksi agar tidak dicurigai. Mobil ini memiliki harga berkisar Rp500 juta.

Para pelaku mengincar rumah yang ditinggalkan pemiliknya yang pergi bekerja. Pelaku akan mengetuk pintu. Jika ada respon dari pemilik rumah, mereka akan pura-pura salah alamat. Namun, kalau tidak ada respons dari dalam rumah, maka rumah ini menjadi target sasaran.

Baca juga: Alamak, Rumah Radja Nainggolan Pernah Kemalingan

Petugas keamanan kompleks mengetahui aksi ini. Para pelaku sempat kabur. Petugas dan warga setempat berhasil menangkap para pelaku tersebut.

Modus kejahatan selalu berkembang. Para penjahat punya gaya baru untuk melakukan aksinya. Kamu jangan mau kalah dong.

Kamu harus melakukan kegiatan preventif. Jika kamu tinggal di kompleks perumahan, minta agar petugas keamanan rutin berpatroli terutama para penghuni pergi bekerja atau liburan.

Baca juga: Lagi Bertanding, Rumah Bintang Liverpool Disatroni Maling

Jika kamu sedang tidak bepergian, coba cek bila rumah tetangga didatangi orang padahal pemilik rumah sedang pergi. Begitu juga sebaliknya, kamu bisa meminta bantuan tetangga saat kamu pergi.

Biasakan untuk mengenal tetangga. Banyak aksi kejahatan ketahuan atau gagal karena tetangga memergoki.

Jangan mau kalah sama penjahat ya. Mereka selalu punya modus kejahatan baru. Kejahatan terjadi karena ada kesempatan, jadi waspada ya.

Baca juga: Rumah Disambangi Maling, Pemain Timnas Brasil Kehilangan Rp1,3 Miliar!

Bagikan: 6089 kali