Foto: Rumah123/iStock    

Asisten Rumah Tangga (ART) masih mudik? Gimana beres-beres rumah tanpa ada yang bantuin kamu? Coba baca tips yang dikutip dari Kompas berikut ini, semoga aja bisa meringankan kamu merawat rumah tanpa ART:

Letakkan Baju Kotor di Tempatnya 

Bikin kesepakatan dengan semua anggota rumah bahwa kalau mengganti pakaian, taruhlah di keranjang baju kotor. Jangan tolerir kebiasaanmelempar baju bekas pake ke kursi atau lantai atau ke mana saja di bagian rumah.

Apa pun Barang yang Berserakan, Segera Kembalikan ke Tempatnya

Seperti juga halnya dengan baju kotor, kamu dan penghuni rumah lainnya harus menempatkan barang-barang di tempatnya. Sebut saja buku, kaset, CD, sepatu, alat makan, dan sebagainya memiliki tempatnya masing-masing. Segera setelah digunakan, kembalikan mereka langsung ke 'habitat' nya. Gak susah kan?

Baca juga: Ga Usah Panik Kalau ART Mudik

Eliminasi Barang-Barang yang Gak Perlu 

Apa yang akan kamu lakukan dengan berpuluh-puluh set toples atau panci? Atau barang-barang lain yang menumpuk dan jarang kamu sentuh. Jika gak dibutuhkan, jangan ragu untuk menyingkirkannya. Pilih yang masih bisa diberikan ke orang lain dan yang harus dibuang. Selain menghemat tempat, kamu juga gak ribet  membersihkan rumah secara rutin.

Batasi Penggunaan Kertas 

Semakin sedikit kertas yang ada di rumahmu, maka semakin sedikit tumpukan kertas yang harus disimpan. Artinya, mengurangi sedikit barang yang harus kamu bereskan di rumah.

Minimalkan Barang-Barang di atas Tempat Tidur  

Memang seneng ya lihat banyak bantal, boneka, selimut atau brang-barang kesayangan pribadi yang lain, tapi kalau 'acara' beres-beres rumah gak mau ribet, kamu sebaiknya hanya meletakkan barang-barang penting untuk tidur, yakni bantal dan selimut. Semakin sedikit barang di atas tempat tidur, semakin sedikit energi yang kamu butuhkan untuk membereskan kamar tidur.

Baca juga: Bikin Dong PRT-mu Betah Kerja di Rumah!

Cuci Peralatan Makan-Minum Segera  

Seberapa susah sih mencuci peralatan makan bekas pake? Gak kan. Untuk gak memanjakan rasa malas di dalam diri para penghuni rumah, segera cuci peralatan makan bekas pake, jangan ditumpuk aja. Rumah akan tampak kotor dan berantakan kalau cucian piring menumpuk. Lagi pula menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sapu atau Sedot Lantai Setiap Hari 

Menyapu atau mem-vakum lantai dan ruangan rumah hanya butuh waktu beberapa menit setiap hari. Jadi, jangan biarkan debu atau kotoran menumpuk, baru kamu membersihkannya.

Kalau kamu membersihkannya pada akhir minggu, banyak energi dan waktu yang dibutuhkan. Alhasil, kamu jadi kecapean.

Bagikan: 627 kali