Seorang Pria Bernama William Brice Merenovasi Sebuah Rumah Tua di Brisbane, Queensland, Australia. Dia Mengubahnya Menjadi Rumah Keluarga (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Rumah ini bergaya desain interior modern kontemporer. Pasti banyak yang tidak percaya kalau hunian ini berusia 120 tahun.

Rumah ini bernama Dalmuir, salah satu rumah tertua di kawasan Chelmer, Queensland, Australia. Chelmer merupakan kawasan sub urban yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Brisbane, salah satu kota terbesar di Australia.

Keluarga Frew membangun rumah ini. Keluarga ini cukup dikenal di kawasan tersebut. Belakangan, ada Taman Frew di kawasan Milton yang dinamai untuk keluarga ini.

Baca juga: Rumah Jadul Bisa Berharga Mahal Lho, Yuk Investasi Properti

William Brice Mengubah Ruang Tidur Menjadi Lebih Nyaman, Tetapi Dia Tetap Mempertahankan Jendela Jadul (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

William Brice membeli rumah tua ini pada 2017. Dia tertarik dengan karakter yang ada pada rumah ini. Kebetulan, dia juga sering merenovasi sejumlah rumah tua di Queensland.

Rumah ini hanya memiliki satu lantai, namun ada salah satu ruangan yang berbentuk loft. Luas tanahnya mencapai 971 meter persegi.

“Saya tinggal di area ini seumur hidup saya. Saya sering melewati rumah ini dan saya ingin memilikinya,” ujar Brice seperti dikutip dari Realestate.com.au. Situs properti ini merupakan milik REA Group Australia yang juga perusahaan induk dari Rumah123.com.

Baca juga: Pendapatan Bisnis “Pengabdi Setan” Gede Banget, Kamu Punya Rumah Tua Ga?

Ruang Duduk, Ruang Tamu, dan Dapur Dijadikan Satu dalam Konsep Open Plan. Penyatuan Ini Menjadikan Ruangan Menjadi Lebih Luas (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

“Ketika saya masuk ke dalamnya, saya bisa melihat kemegahan sebuah rumah dari era 1890. Saya ingin merenovasinya, menjadikannya rumah untuk keluarga,” lanjut Brice.

Namun, upaya Brice memang tidak mudah. Dia harus melalui proses perencanaan selama enam bulan dan juga bolak balik ke Badan Pelestarian Bangunan Lama atau Heritage Conservation Department. Tidak hanya itu, proses renovasi memakan waktu selama 12 bulan alias satu tahun.

Hasil dari renovasinya memang luar biasa. Kalau melihat eksterior rumah, maka terlihat rumah tua. Tetapi, saat melihat interior rumah maka rumah ini sudah berdesain modern kontemporer. Warna biru dan putih mendominasi ruangan.

Baca juga: Mendesain Ulang Rumah Tua Menjadi Lebih Modern Minimalis, Bisa Kok!

Warna Biru dan Putih Mendominasi Desain Interior Hunian. Rumah Ini Pun Terlihat Lebih Modern Kontemporer (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Kamar mandi terlihat mewah, ruang tidur menjadi lebih luas, sementara dapur, ruang tamu, dan ruang makan menjadi satu dengan konsep open plan.

Ada sejumlah bagian asli yang tetap dipertahankan yaitu jendela dan perapian. Brice memutuskan untuk mempertahankannya.

Hmm, tidak menyangka kan kalau rumah tua berusia 120 tahun ternyata bisa direnovasi ulang menjadi lebih kekinian. Kalau kamu punya rumah warisan dari kakek nenek, ubah saja menjadi seperti ini.

Baca juga: Rumah Tua Itu Keren Kok, Lihat Saja Hunian yang Satu Ini

Salah Satu Bagian Lama yang Dipertahankan Adalah Perapian. Ruangan Ini Memadukan Bagian Lama dan Baru (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)
Bagikan: 631 kali