Peralatan Makan Porselen yang Didesain oleh Lotte Douwes (Rumah123/Dezeen)

Desainer produk asal Belanda, Lotte Douwes merilis sejumlah peralatan makan terbarunya. Semuanya terbuat dari porselen. Dia memamerkannya dalam ajang Dutch Design Week 2017.

Perempuan ini sangat memerhatikan dampak lingkungan dari industri porselen. Alumnus Design Academy Eindhoven di Belanda ini melakukan proyek riset untuk mencari cara alternatif untuk membuat keramik yang baik.

Baca juga: Hmm, Indahnya Furnitur dengan Pola Dedaunan dan Bunga

Salah satu karakteristik porselen ini adalah semi transparan. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan bubuk tanah liat bernama kaolin.

Bubuk ini ditambang di sebuah gunung dekat kota Jingdezhen, Tiongkok. Namun, permintaan porselen dari seluruh dunia membuat dampak luar biasa pada pertambangan kaolin. Efeknya, bubuk ini menjadi tidak murni dan semakin sulit untuk didapatkan.

Baca juga: Furnitur Perpaduan Desain Kontemporer dan Mesir Kuno, Mau Koleksi Ga?

Douwes pun sempat mengunjungi Jingdezhen untuk mencari cara baru sekaligus mengatasi masalah ini. Dia juga menemukan kalau hampir 50 pesen porselen yang diproduksi menjadi sampah atau limbah karena dianggap kurang sempurna.

Dia memutuskan untuk menemukan cara memanfaatkan ulang limbah material. Douwes pun berhasil melakukannya.

Baca juga: Dua Produsen Furnitur Skandinavia Berkolaborasi Rilis Produk Rumah Tangga Kekinian

“Transparan memang menjadi salah satu karakteristik porselen yang ingin saya pertahankan, bahkan kalau bahan mentah menjadi kurang putih dan buram,” ujar Douwes seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Dia ingin menciptakan cara alternatif untuk memurnikan kaolin dan menggunakan sebagai awal untuk mendesain produk baru. Dia juga menekankan kalau desain produk akan memberikan pemahaman proses dari bahan mentah hingga menjadi sebuah produk.

Baca juga: Peralatan Makan yang Kekinian, Sudah Punya Belum?

Wow, hebat juga ya bisa memanfaatkan bahan limbah untuk membuat keramik yang keren. Nggak pernah terbayang sebelumnya kan?

Kamu mau beli nggak? Keren juga kan kalau punya koleksi keramik kekinian yang bakal mempercantik tampilan interior rumah kamu.

Bagikan:
2163 kali