Monaco (Rumah123/Mansion Global)

Nilai hunian mewah di Monaco terdongkrak naik mencapai 61.832 dollar AS per meter persegi pada kuarter kedua pada 2017. Konsultan properti ternama asal Inggris, Knight Frank melansir hasil laporan ini.

Negara kecil yang berbatasan dengan Prancis ini masih menempati posisi pertama daftar yang dirilis oleh Knight Frank perihal perbandingan harga hunian seluruh dunia sejak 2008. Dalam daftar ini, posisi Monaco diikuti oleh Hong Kong, New York (Amerika Serikat), dan London (Inggris).

Baca juga: Tinggal dan Dibayar Rp31 Juta Per Bulan? Ini Tawaran Menarik Bagi Kaum Milenial

“Monaco tetap menjadi daftar utama hunian yang diidamkan. Tidak ada kota lain di seluruh dunia yang memiliki kepadatan penduduk seperti ini, yang nota bene orang kaya,” ujar Head of International Residential Research Knight Frank, Kate Everett-Allen seperti dilansir oleh laman properti Mansion Global.

Kenaikan harga disebabkan tidak adanya pembangunan hunian baru. Tidak satu pun pembangunan hunian di Monaco yang diselesaikan pada 2016.

Baca juga: Investasi Properti di Kota Kecil? Potensi Pertumbuhannya Besar Lho

Monaco hanya memiliki luas 2,02 km persegi dengan penduduk hanya 37 ribu jiwa. Luas tanah negeri kecil ini sempat bertambah 20 persen lewat reklamasi.

Tidak adanya pasokan hunian membuat harga terdorong naik untuk jangka pendek dan menengah. Hunian yang dibangun kebanyakan masih lama waktu penyelesaiannya. Sebanyak 75 persen properti yang masih dalam tahap pengerjaan merupakan hunian murah atau apartemen kelas mewah.

Baca juga: Tahan Dingin? Pindah Aja ke Moscow, Sewa Huniannya Murah Banget Lho

Jumlah hunian di Monaco diperkirakan bisa bertambah lewat reklamasi. Saat ini, Monaco sedang melakukan reklamasi lahan seluas 6 hektare dengan biaya 2 miliar euro. Tanah untuk reklamasi didapatkan dari Pulau Sisilia, Italia.

Di atas tanah reklamasi ini akan dibangun 120 apartemen kelas mewah. Mansion Global melansir kalau dari 120 unit, 50 akan dimiliki oleh perusahaan pengembang sementara sisanya 70 unit akan dijual.

Baca juga: Sewa atau Beli? Mendingan Sewa Kalau Beli Hunian Malah Kena Pajak Tinggi

Harga hunian di kawasan reklamasi ini mencapai 116.569 dollar AS per meter persegi. Harga ini setara nilai hunian di kawasan elit Carre d Or.

Nilai hunian di Monaco yang memang mahal memang wajar karena banyak orang kaya yang tinggal atau memiliki hunian di sini. Knight Frank memperkirakan kalau Monaco akan menjadi rumah bagi 16.100 miliarder dan 1.450 orang super kaya pada 2026.

Baca juga: Kerja 100 Jam Seminggu Buat Nyicil Rumah? Truz Kapan Istirahatnya?

Nah, kalau pasokan tidak banyak, harga hunian biasanya memang naik. Ini terkait dengan supply and demand. Kamu mau berinvestasi rumah mewah di Monaco atau memilih tinggal di sini?

Bagikan:
903 kali