OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Bunyi Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945 tentang Bentuk Negara Indonesia

21 Oktober 2022 · 3 min read Author: Maskah Alghofar

bunyi pasal 1 ayat 1 uud 1945

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber hukum tertinggi yaitu UUD 1945. Lantas, bagaimana bunyi Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang cukup luas dengan memiliki 34 Provinsi.

Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia tahun 1945 merupakan sumber hukum tertinggi yang berlaku di Indonesia.

Melansir dari laman wikipedia.org, UUD 1945 mengatur kehidupan bernegara meliputi hak-hak asasi manusia, hak dan kewajiban warga negara, pelaksanaan dan penegakan kedaulatan negara serta pembagian kekuasaan negara, wilayah dan pembagian daerah, kewarganegaraan dan kependudukan, serta keuangan negara.

Ada banyak pasal yang terkandung dalam UUD tersebut dengan ketentuan tertentu. Lantas, bagaimana bunyi pasal 1 ayat 1 UUD 1945?

Situs properti Rumah123.com telah merangkum dari berbagai sumber.

Bunyi Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945

pasal 1 ayat 1 uud 1945

Sumber: Acehherald.com

Indonesia merupakan negara kesatuan.

Ketentuan tersebut terdapat pada pasal 1 ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi: “Negara Indonesia ialah negara kesatuan, yang berbentuk republik”.

Berdasarkan pasal tersebut merupakan penegasan bahwa sistem dan bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan.

Sementara bentuk dari negara Indonesia sendiri merupakan republik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), republik adalah bentuk pemerintahan yang berkedaulatan rakyat dan memiliki pemimpin seorang presiden

Mengutip buku Politik Hukum Dalam Negara Kesatuan karya Dr. Nurus Zaman, S.H., M.H. (2020: 18) mengenai negara kesatuan dalam pasal 1 ayat 1 UUD 1945.

Penjelasannya adalah mencerminkan kekuasaan dalam negara kesatuan bertempat di Pemerintah Pusat, yang kemudian untuk mempercepat pencapaian tujuan negara dalam arti luas, kekuasaan tunggal itu terbagi ke daerah-daerah yang secara konstitusional diatur dalam pasal 18 UUD 1945.

Bentuk Republik Indonesia

Melansir dari laman resmi Dpr.go.id, rincian untuk pasal 18 ayat 1-7 UUD 1945 yakni:

  1. Menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia terbagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu terbagi atas kota dan kabupaten yang masing-masing kota, kabupaten dan provinsi tersebut memiliki pemerintahan daerah yang ada dalam Undang-Undang.
  2. Negara Kesatuan Republik Indonesia terbagi atas daerah provinsi dan daerah provinsi tersebut terbagi atas kabupaten dan kota, yang setiap provinsi, kabupaten serta kota tersebut memiliki pemerintahan daerah yang diatur dalam Undang-Undang.
  3. Pemerintahan Daerah Provinsi, daerah kabupaten dan kota mengatur dengan menjalankan sendiri urusan pemerintahan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten serta kota mempunyai DPRD yang anggotanya dipilih dari pemilihan umum (Pemilu).
  4. Gubernur, Bupati dan Walikota adalah kepala pemerintahan masing-masing daerah provinsi, kabupaten dan kota yang terpilih dengan cara demokrasi.
  5. Pemerintahan daerah menjalankan otonomi dengan seluasnya kecuali bidang pemerintahan yang oleh undang-undang ditetapkan menjadi bidang pemerintah pusat.
  6. Pemerintah daerah memiliki hak menentukan peraturan daerah dan peraturan-peraturan lain untuk menjalankan otonomi dan tugas pembantuan.
  7. Susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan daerah diatur dalam Undang-Undang.

***

Itulah bunyi pasal 1 ayat 1 UUD 1945 yang perlu kamu ketahui.

Bagaimana nih menurut kamu?

Temukan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com dan Google News.

Sedang mencari hunian di sekitar Jakarta? Urban Signature mungkin bisa jadi pilihan menarik lainnya, lo.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena Rumah123.com akan selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA