Desain kamar anak yang baik ternyata mampu membantu tumbuh kembang mereka. Seperti apa saja sih misalnya?

Menurut penelitian, di usia dua hingga lima tahun, perkembangan kognitif anak sedang dalam fase aktif-aktifnya. Untuk memaksimalkan pertumbuhan mereka, alangkah baiknya jika anak mulai tidur terpisah dari orang tua sejak usia tersebut. Sebab, dengan tidur terpisah, anak bisa leluasa dalam mengekspresikan diri.

Membuat desain kamar anak pun tak bisa sembarangan, karena tak jarang beberapa anak akan merasa asing dan takut dengan kamarnya sendiri. Salah-salah membuat desain kamar anak, bisa-bisa mereka trauma untuk tidur sendirian hingga besar nanti.

Untuk itu, Rumah123.com telah merangkum 10 desain kamar anak yang dijamin bikin mereka betah untuk terus-terusan berada di rumah!

Gaya mininmalis ala Skandinavia ini lagi kekinian lho!

desain kamar anak - rumah123.com

desain kamar anak - rumah123.com

Walaupun sudah ada sejak dulu, gaya interior ala Skandinavia baru populer diimplementasikan di Indonesia beberapa tahun ke belakang. Interior satu ini memang terkesan dewasa, tapi kalau kamu mau mendesain kamar anak dengan interior Skandinavia, tetap cocok juga kok! Tambahkan aksesoris berupa karakter yang disukai anak, seperti boneka atau mainan favorit mereka misalnya.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Dapur Mungil Ini Bikin Rumah Kecil Jadi Gak Membosankan

Mainkan imajinasi anak dengan membuat rumah-rumahan sebagai tempat tidur

desain kamar anak - rumah123.com

desain kamar anak - rumah123.com

Kemampuan imajinatif anak merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Untuk mengasah imajinasi tersebut, para orang tua bisa bermain dengan bentuk tempat tidur yang unik, misalnya tempat tidur berbentuk rumah seperti di atas.

Bermain dengan warna-warna cerah untuk membuat anak lebih ceria

desain kamar anak - rumah123.com

desain kamar anak - rumah123.com

Desain kamar anak seperti ini sangat pas untuk kamu yang punya anak perempuan. Mainkan warna pada sprei, bedcover, dan furniture dengan warna-warna cerah yang bisa membuat mereka lebih ceria.

Baca juga: 10 Gambar Kamar Tidur Minimalis yang Bikin Pasangan Baru Makin Romantis

Banyak anak tapi ruang kamar terbatas? Gunakan tempat tidur bertingkat!

desain kamar anak - rumah123.com

desain kamar anak - rumah123.com

Punya banyak anak tapi ruangan tidur terbatas? Manfaatkaan ruang kosong di bagian atas kamar dan gunakan tempat tidur bertingkat sebagai solusinya. Selain menghemat ruangan, mereka juga bisa lebih berani untuk tidur di kamar sendiri, dan menjadi lebih akrab satu sama lain.

Buat mini playground di dalam kamar

desain kamar anak - rumah123.com

desain kamar anak - rumah123.com

Bermain punya peran penting dalam pengembangan diri anak. Supaya orang tua bisa lebih mudah mengawasi perkembangan mereka, orang tua bisa membuat ruang bermain di dalam kamar anak dengan memanfaatkan sisi-sisi kamar yang kosong.

Itu dia sejumlah inspirasi desain kamar untuk buah hatimu tercinta. Kalau kamu kesulitan merancang desain, manfaatkan jasa arsitek untuk hasil yang maksimal.

Tips-tips lainnya seputar pembelian rumah hingga interior rumah bisa kamu dapatkan di artikel-artikel Rumah123.com!
Bagikan: 2899 kali