Penampilannya yang memukau dan daya tahan yang tinggi menjadikan tanaman kuping gajah pujaan para raja. Intip panduan perawatannya di sini!

tanaman kuping gajah

Jenis tanaman hias anthurium atau lebih dikenal dengan nama kuping gajah merupakan hiasan favorit sejuta taman yang layak kamu pelihara di rumah. 

Popularitasnya dikenal di seluruh dunia bukan hanya dari keanggunan daunnya yang memukau, tapi ketahanan serta harga jualnya yang cukup mahal. 

Kalau kamu tertarik untuk mencoba menjadikan tanaman kuping gajah sebagai salah satu dari koleksimu, simak dulu panduan perawatannya di bawah ini!

Baca juga: 9 Rekomendasi Tanaman Hias Murah Meriah, Bikin Hunian Tambah Sejuk

Tanaman Kuping Gajah, Hiasan Mahal Pujaan Para Raja 

Masuk dalam keluarga tanaman hias Araceae, anthurium memiliki kerabat tumbuhan lain yang tak kalah populer seperti aglaonema, philodendron, dan alokasia. 

Karakteristik utama dari tanaman kuping gajah adalah pada ukuran daun besar yang ditopang batang kecil yang mencuat tegak ke atas.

Warna daunnya hijau cerah dengan pola garis atau tulang berwarna putih kehijauan dengan bentuk yang menyerupai sebuah hati. 

Tampilan tersebutlah yang kemudian menjadi asal-muasal penamaannya yang dikenal luas di seluruh dunia, termasuk dalam istilah bahasa Inggrisnya, yaitu elephant ear

Karena visual paripurna yang disajikannya tersebut, konon katanya di zaman kerajaan Jawa kuno, jenis tanaman anthurium dipuja dan dijadikan hiasan favorit para raja dan bangsawan. 

Perbedaan Jenis Tanaman Anthurium dan Alokasia 

tanaman kuping gajah

Tidak sedikit calon pembeli yang sering salah memilih alokasia ketika ingin mencari jenis tanaman anthurium

Keduanya memang berkerabat dekat dan punya tampilan yang mirip dan cukup sukar dibedakan jika tidak diamati dengan teliti. 

Perbedaan yang paling mencolok antara jenis tanaman anthurium dengan alokasia adalah pada bagian daunnya.

Walaupun sama-sama berukuran besar, alokasi memiliki daun yang cenderung berbentuk seperti anak panah dengan ujung atasnya yang seperti segitiga. 

Sementara jenis tanaman anthurium punya ciri khas daun berbentuk hati dengan ujung yang bundar. 

Tanaman Anthurium, Si Kekar yang Tahan Banting 

tanaman kuping gajah

Jenis tanaman hias asli wilayah Amerika Selatan ini tumbuh subur di cuaca tropis dengan daun yang berjumlah cukup banyak dengan panjang sekitar 20-40 cm dan lebar 15-38 cm.

Kelebihan lainnya yang membuat kuping gajah tanaman populer adalah kemampuannya untuk bertahan hidup baik di dalam ruangan maupun di luar. 

Seluruh spesies dalam genus Anthurium juga merupakan tumbuhan evergreen alias mekar sepanjang tahun tanpa ada waktu dorman. 

Kamu bisa menikmati keindahan daunnya kapanpun dan di manapun sesuai keinginan. 

Tapi tentu saja ada beberapa hal penting dan tips perawatan tanaman hias kuping gajah yang perlu kamu perhatikan agar tampilannya selalu memukau dan tidak mudah layu. 

Baca juga: 12 Tanaman Hias Bunga Ini Bisa Meningkatkan Estetika Halaman Rumah

Tips Perawatan Tanaman Kuping Gajah 

Supaya tanaman kuping gajah kamu bisa terus berada dalam kondisi paripurna sepanjang waktu, perhatikan beberapa tips perawatan berikut: 

1. Gunakan pot yang tepat 

Kalau kamu ingin menempatkannya di dalam ruangan, pilih pot yang terbuat dari bahan plastik atau tanah liat yang mampu menjaga kelembaban tanah dengan baik. 

Pastikan bagian bawahnya juga terdapat lubang drainase untuk mengatur aliran air. 

2. Media tanam yang sehat

Gunakanlah media tanah yang sudah bersih dari organisme pembawa penyakit seperti jamur, bakteri, atau hama yang dapat merusak tanaman kuping gajahmu. 

Berikan nutrisi yang cukup dengan menggunakan pupuk kompos atau sejenisnya untuk mendukung perkembangan daun dan batang yang kokoh. 

3. Waktu penyiraman

Frekuensi yang ideal untuk menyiram tanaman hias kuping gajah cukup dua kali per hari, yaitu di waktu pagi sebelum pukul 10.00 dan sore hari setelah jam 17.00. 

Perhatikan jumlah air dalam penyiraman agar jangan sampai mengenangi media pot yang bisa berpotensi menimbulkan penjamuran. 

4. Hindari sinar matahari langsung 

Meski tergolong tumbuhan tropis, ada baiknya untuk tidak langsung menempatkan anthurium di bawah sinar matahari karena bisa merusak permukaan daun. 

Taruhlah tanaman kuping gajah di area yang sejuk dan terlindung seperti di teras atau dekat pepohonan. 

5. Bersihkan daun secara rutin 

Sebagai primadona dari jenis tanaman anthurium, bagian daun wajib mendapat perhatian ekstra. 

Rutinlah membersihkan permukaan daun dengan lap atau tisu guna menyingkirkan debu yang bisa membuat tampilannya terlihat kusam. 

Dapatkan inspirasi dan tips terbaik seputar hunian dan hobi hanya di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
1069 kali