Pembangunan Pulau Buatan Terbesar di Dunia Saat Ini, Palm Jumeirah Hampir Selesai. Palm Jumeirah Berada di Dubai, Uni Emirat Arab (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pulau buatan Palm Jumeirah hampir menyelesaikan masa pembangunannya. Setelah sempat mengalami masalah, seperti apa konstruksi pulau ini setelah hampir dua dekade?

Palm Jumeirah merupakan pulau reklamasi yang berbentuk seperti pohon palem yang ditutup bulan sabit. Proyek pembangunannya dimulai sejak 2001 silam.

Lokasi Palm Jumeirah berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Dubai merupakan kota paling besar dan paling pada penduduk di Uni Emirat Arab.

Baca juga: Satu Gedung dengan Tiga Waktu Berbuka Puasa yang Berbeda

Perusahaan milik pemerintah Uni Emirat Arab, Nakheel membangun pulau buatan ini. Nakheel sendiri baru berdiri pada 2000.

Proses pembangunan proyek ini sempat tersendat pada 2008-2009 saat krisis keuangan melanda dunia. Harga properti pun sempat turun.

Sebenarnya, Palm Jumeirah merupakan bagian dari pengembangan kawasan tepi pantai Dubai. Nantinya, ada sejumlah pulau buatan. Palm Jumeirah adalah yang terkecil. Dalam perencanaan, ada Palm Jebel Ali, Palm Deira, dan The World.

Baca juga: Dubai Frame Selesai Dibangun, UEA Punya Ikon Baru yang Instagramable

Developer membangun rumah mewah, apartemen, dan pusat perbelanjaan mewah. Ada Palm 360 yang merupakan dua menara kembar yang terdiri dari hotel mewah, apartemen, dan kompleks penthouse (griya tawang).

Lantas ada Palm Tower, hunian mewah setinggi 220 meter yang memiliki 52 lantai. Bangunan ini terdiri dari hotel mewah dan apartemen mewah. Operator hotel ternama St Regis akan mengelola 289 kamar hotel yang berada di 18 lantai pertama, sementara sisanya merupakan 502 unit apartemen mewah.

Kompleks hotel dan apartemen mewah St Regis Beach Club menawarkan fasilitas kelas atas untuk bersantap, berlibur, dan lainnya.

Baca juga: Menara Pencakar Langit Terbaru di Dubai Ini Tingginya 4 Kali Monas, Tinggi Banget Ya

Palm Tower ini akan terkoneksi dengan Nakheel Mall. Pusat perbelanjaan mewah ini mempunyai 350 toko, restoran, dan fasilitas hiburan.

“Palm Jumeirah sudah menjelma menjadi salah satu tempat prestisius tidak hanya di Dubai, tetapi juga di dunia,” ujar Research Manager Knight Frank Uni Emirat Arab, Taimur Khan seperti dikutip oleh Mansion Global.

Bagikan: 5643 kali