Tanaman pakis bukan cuma bisa jadi tanaman hias, tapi juga bisa dimakan - Rumah123.com Tanaman pakis bukan cuma bisa jadi tanaman hias, tapi juga bisa dimakan - Rumah123.com

Tanaman paku-pakuan atau yang biasa disebut tanaman pakis merupakan salah satu jenis tumbuhan dengan sistem pembuluh Tracheophyta. Sehingga tidak menghasilkan biji untuk reproduksi seksual. Perkembangbiakan tanaman pakis dengan cara melepaskan spora, sama seperti lumut dan fungi. 

Tumbuh sejak ratusan juta tahun yang lalu, tanaman pakis dimanfaatkan oleh manusia untuk banyak hal. Mulai dari menjadi tanaman hias, dikonsumsi, hingga menjadi tanaman obat. Tapi jangan keliru, pakis ada banyak sekali jenisnya. Lain jenis, lain pula fungsinya. Ada pakis yang bisa dikonsumsi, ada pula yang hanya bisa dijadikan hiasan. Apa saja jenis pakis yang bisa dimakan, dan apa saja yang bisa dijadikan tanaman hias? 

Tanaman pakis yang bisa dimakan adalah jenis burung unta

Restoran-restoran besar banyak menggunakan tanaman pakis untuk menu sayuran. Tetapi tidak semua jenis pakis aman untuk dimakan. Pakis yang aman adalah burung unta. Sedangkan jenis pakis lainnya yang dijual di pasar adalah pakis cakar elang. Pakis satu ini diduga bisa memicu kanker karena kandungan ptaquiloside di dalamnya. 

Pakis memiliki tekstur yang kenyal dan mengandung vitamin A dan C serta kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan protein. Protein pada pakis 4,5 kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran hijau yang lain. Nah, penting untuk diketahui! Memasak pakis butuh ketentuan khusus. Cuci, rendam, dan rebus pakis selama 10 menit, kemudian baru masak pakis tersebut. Hindari memasaknya setengah matang karena bisa menyebabkan berbagai masalah perut seperti mual, muntah, dan kram. 

Manfaat mengonsumsi tanaman pakis:

- Mencerdaskan otak - Mencegah kolesterol naik - Mengatasi sembelit - Menangkal kanker dan radikal bebas - Mencerahkan dan menghaluskan kulit - Mengatasi insomnia - Mencegah sakit ginjal

Tanaman pakis yang bisa dijadikan hiasan ada banyak jenisnya

Pakis yang bisa dimakan memang terbatas jenisnya. Tapi untuk tanaman hias, kamu punya banyak pilihan. Beberapa di antaranya seperti berikut ini:

1. Pakis kelabang

Pakis kelabang cocok untuk dijadikan tanaman indoor karena tak memerlukan banyak perawatan - Rumah123.com Pakis kelabang cocok untuk dijadikan tanaman indoor karena tak memerlukan banyak perawatan - Rumah123.com

Seperti namanya, bentuk pakis kelabang memang menyerupai tubuh kelabang yang berbuku-buku. Tapi kamu jangan keburu takut, bentuknya justru rapi. Pakis kelabang cocok untuk dijadikan tanaman indoor karena tak memerlukan banyak perawatan, dan bisa hidup tanpa paparan sinar matahari langsung.

2. Pakis pedang

Pakis pedang atau pakis Boston cocok untuk digantung - Rumah123.com Pakis pedang atau pakis Boston cocok untuk digantung - Rumah123.com

Pakis pedang juga biasa disebut pakis Boston. Disebut pakis pedang karena anak daunnya berbentuk sirip sehingga menyerupai bentuk pedang. Panjang pakis pedang bisa mencapai 1,5 meter, sehingga sangat cantik jika diletakkan dengan cara digantung. 

3. Pakis kulit

Pakis kulit sering dijadikan salah satu tanaman untuk pelengkap rangkaian bunga - Rumah123.com Pakis kulit sering dijadikan salah satu tanaman untuk pelengkap rangkaian bunga - Rumah123.com

Jenis tanaman pakis yang satu ini merupakan yang paling populer. Bentuknya yang kecil dan bergerigi membuat pakis kulit sering dijadikan salah satu tanaman untuk pelengkap rangkaian bunga. Tanam pakis kulit di rumahmu, dan kamu tak akan kehabisan bahan pelengkap ornamen untuk apapun!

4. Pakis bird’s nest 

Pakis sarang burung yang berbentuk keriting - Rumah123.com Pakis sarang burung yang berbentuk keriting - Rumah123.com

Daunnya yang keriting membuat tanaman pakis ini terlihat seperti sarang burung. Selain bentuknya yang cantik, pakis satu ini cukup bisa diandalkan karena bisa bertahan dalam suhu ruangan, baik panas maupun dingin. 

Bagikan:
3242 kali