Menggunakan jasa desain rumah memang butuh biaya tambahan. Tapi ternyata, kamu bisa jauh lebih untung secara jangka panjang loh kalau pakai jasa mereka!

Terdapat dua opsi yang bisa dipilih saat kamu hendak memiliki rumah pertamamu: membeli rumah jadi, atau membangunnya dari awal. Untuk opsi yang terakhir, kamu pernah kepikiran gak sih untuk menggunakan bantuan jasa desain rumah?

Mungkin cuma segelintir orang saja yang memanfaatkan jasa profesional satu ini. Alasannya gak jauh karena efisiensi bujet. Bangun rumahnya saja udah mahal, apalagi kalau pakai jasa desain rumah!

Eits, jangan salah. Kalau kamu memang mau menghuni rumah tersebut dalam jangka waktu panjang, menggunakan jasa profesional justru bisa bikin kamu lebih untung dan hemat loh ke depannya. Ini 5 alasannya.

Gak punya ide desain rumah? Mereka bisa kasih solusi!

jasa desain rumah - rumah123.com

Untuk orang yang gak punya cukup pengetahuan tentang arsitektur rumah, pasti akan kebingungan dalam menentukan desain terbaik untuk hunian yang akan dibangun. Dengan adanya bantuan dari jasa desain rumah, kamu bisa melakukan brainstorm tentang desain rumah yang ideal. Apa saja ruangan yang dibutuhkan, berapa jumlahnya, butuh bangunan bertingkat atau gak, dan hal-hal lainnya yang terkait.

Setelah mendapatkan konsep dari mereka, arsitek dari jasa desain tersebut akan memberikan proposal desain berupa sketsa dan draft visual sebagai gambaran. Di tahap ini, kamu bisa memberikan masukan jika masih merasa kurang sesuai.

Baca juga: 6 Jenis Batu Alam yang Banyak Digunakan Rumah Minimalis Kekinian

Ukuran tanah kecil gak jadi masalah, semua dibuat seefisien mungkin

jasa desain rumah - rumah123.com

Jika kamu punya tanah yang ukurannya terbatas, kamu mungkin akan kesulitan untuk menentukan desain yang paling tepat. Tapi dengan bantuan jasa desain rumah, kamu gak perlu khawatir.

Rumahmu bisa tetap nyaman dan fungsional, karena mereka akan memikirkan dengan matang ukuran setiap ruangan, tata letak jendela, posisi tangga, hubungan antar ruangan, hingga hal-hal detail lainnya. Ruangan yang sempit pun bisa disulap menjadi luas!

Kamu bisa mendapatkan harga material bangunan dengan lebih murah

jasa desain rumah - rumah123.com

Karena gak punya pengalaman membangun rumah, kamu mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan informasi seputar harga material bangunan. Lain halnya dengan arsitek profesional yang punya pengetahuan serta koneksi luas tentang konstruksi dan material bangunan. Kamu gak perlu repot mencari yang murah dan berkualitas karena semua sudah satu paket dengan pengerjaan desain.

Baca juga: Tips Desain: Warna Terang Jadikan Rumah Lebih Ceria

Bukan cuma desain, mereka juga terlibat hingga proses pembangunan

jasa desain rumah - rumah123.com

Saat menggunakan jasa profesional kamu ga cuma dibantu dalam proses pembuatan desain saja. Mereka akan bertanggung jawab mulai dari proses desain, proses pembangunan, dan mengawasi hingga tahap akhir untuk memastikan bahwa hasilnya sesuai dengan gambaran kerja yang telah disepakati dengan pemilik rumah.

Harga jual kembali otomatis menjadi lebih tinggi

jasa desain rumah - rumah123.com

Dengan bantuan profesional, ukuran tanah yang kecil pun bisa disulap menjadi bangunan rumah yang luar biasa. Sebab, mereka paham betul dengan desain eksterior dan desain interior, dan telah menyesuaikannya dengan kondisi lingkungan.

Maka dari itu, gak heran kalau rumah yang dibangun dengan bantuan jasa arsitek profesional akan memiliki harga jual yang lebih mahal. Nah, jika suatu saat nanti rumahmu dijual, tentu kamu bisa mengambil keuntungan besar kan?

Berapa sih biaya jasa desain rumah?

jasa desain rumah - rumah123.com

Untuk mendapatkan sejumlah keuntungan di atas, tentu ada biaya yang harus dibayar. Kalau kamu tertarik menggunakan jasa mereka, jangan lupa siapkan dana sebesar ini ya:

  • Per meter persegi

Salah satu metode yang paling sering digunakan arsitek untuk menawarkan jasanya adalah dengan hitungan per meter persegi. Dalam metode ini, arsitek mematok tarif jasanya berdasarkan luas rumah yang dibangun.

Misalnya setelah desain dibuat, diketahui bahwa luas bangunan rumah adalah 200 m2. Apabila arsitek tersebut mematok harga Rp100.000 per meter, maka biaya yang dibutuhkan untuk membayar jasa mereka adalah sebesar Rp20.000.000.

  • Persentase biaya pembangunan

Ada juga arsitek yang menawarkan jasanya berdasarkan persentase biaya pembangunan. Misalnya setelah desain selesai dibuat, diketahui bahwa biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah tersebut adalah sebesar Rp200.000.000.

Arsitek akan mematok sebesar 6,50% (sesuai patokan Ikatan Arsitek Indonesia) dari angka tersebut. Maka yang perlu kamu bayar untuk jasa mereka adalah sebesar Rp13.000.000.

Gimana? Cukup terjangkau kan menggunakan jasa profesional, untuk keuntungan besar yang bisa kamu dapatkan dalam jangka waktu panjang? Untuk tips-tips seputar rumah, cek terus artikel-artikel Rumah123.com lainnya!

Bagikan: 5712 kali