jar of honey with honeycomb on wooden table Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Kamu menyimpan makanan menggunakan toples plastik? Nggak ada salahnya juga kok. Apalagi buat kamu yang sudah menjadi mom and dad.

Kalau kamu memakai toples kaca, bisa saja pecah saat tersenggol oleh putra putri kamu dan tentunya kamu nggak ingin mereka terluka, kan? Nah, opsi memakai toples plastik menjadi pilihan.

Baca juga: Gelas Bebas dari Noda? Kamu Mesti Baca Tips Ini

Biasanya sih banyak orang yang menyimpan makanan dalam toples dalam jangka waktu lama. Efeknya? Bau makanan mau tidak mau masih ada dalam toples.

Meskipun sudah dicuci, tetapi baunya masih ada. Jadi saat kamu ingin memakainya lagi dengan menempatkan makanan lain, bisa jadi ada beberapa bau bercampur dalam toples plastik. Jangan panik, selalu ada solusi untuk masalah seperti ini.

Baca juga: Begini Nih, Cara Merawat Pisau yang Benar

Pertama, kamu bisa membuat pasta dari air dan baking soda. Setelah itu, kamu mengoleskannya ke dalam toples plastik yang berbau.

Toples plastik ini bisa didiamkan selama beberapa jam, kalau bisa seharian juga nggak masalah agar lebih maksimal. Setelah itu, cuci bersih toples plastik menggunakan sabun pencuci piring, setelah itu keringkan sebelum disimpan.

Baca juga: Peralatan Makan Bersih Mengkilap Berkat Gula! Lho Memang Bisa?

Kedua, kamu bisa memasukkan air panas ke dalam toples plastik. Pastikan jangan terlalu lama agar toples tidak berubah bentuk.

Setelah itu, seperti biasa kamu mencuci toples plastik ini menggunakan sabun pencuci piring hingga bersih dan keringkan.

Baca juga: Ingat Lho, Kamu Nggak Boleh Beli Peralatan Masak Belakangan

Ketiga, gunakan saja sabun pencuci piring terbaik. Sabun yang dijual di pasaran biasanya bagus dan mengandung pewangi yang bisa menghilangkan bau.

Kamu bisa menggunakan sedikit lebih banyak dari biasanya ketika membersihkan toples plastik yang berbau. Kalau mau, rendam saja toples itu dalam air berisi sabun pencuci piring.

Baca juga: Nah, Ini Dia, Cara Gampang Hilangkan Label Peralatan Makan yang Baru

Yang paling penting tentunya setelah mencuci toples plastik, pastikan kalau kamu mengeringkannya agar bau tidak kembali muncul.

Bagikan: 2025 kali