Aksesori interior Ilustrasi foto: Rumah123/iStock

Interior tentunya membuat rumahmu semakin menarik karena pajangan bisa meningkatkan nilai estetik rumahmu. Agar tetap terlihat menarik, pajangan tentunya membutuhkan perawatan secara berkala.

Pajangan bisa berupa benda-benda seni yang membuat tampilan interior rumahmu jadi artistik. Bisa juga pajangan hanya sekadar pigura-pigura foto keluarga atau foto-foto yang menarik semisal dari kalender.

Patung atau ukiran misalnya, merupakan pajangan yang bernilai seni yang tinggi. Semakin lama usia patung tersebut, semakin tinggi nilai seninya.

Kalau kamu punya pajangan tersebut, utuk menjaga keindahannya, rendamlah patung pada susu sapi cair murni selama 12 jam, lalu gosok dengan kain halus hingga bersih.

Baca juga: Kreasi Pajangan dari Besi Cor

Kamu mungkin juga memajang foto atau gambar berbingkai. Bingkai perlu dibersihkan secara berkala agar tidak kusam.

Gunakan koran bekas yang di campur air yang diperas hingga setengah kering untuk membersihkan bagian kaca. Gunakan pula kuas atau sikat gigi untuk membersihkan debu yang menempel pada pinggiran bingkai.

Adakah di rumahmu lukisan? Nah, lukisan juga pajangan yang bisa memperindah ruang tamumu.

Lukisan yang sudah terlalu lama dipajang biasanya tampak kusam. Untuk mengembalikan keindahannya, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam susu sapi untuk digosok ke permukaan lukisan. Setelah itu bersihkan bekas susu dengan kapas yang dibasahi dengan air bersih.

Membersihkan pajangan bukanlah hal yang susah, bukan? Namun, jangan kamu lupakan bahwa perawatan pajangan yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan. Jadi, jangan bersihkan pajanganmu secara sembarangan. Lebih-lebih kalau harganya mahal.

Bagikan: 751 kali